PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menko PMK Ungkap Banyak Calon Pengantin Modal Nekat
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-11-2019 | 12:04 WIB
muhadjir-effendy.jpg honda-batam
Menko PMK Muhadjir Effendy

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pembekalan pranikah merupakan suatu hal yang penting. Pembekalan ini tak hanya berkaitan dengan agama, namun juga multi aspek.

Muhadjir mengungkapkan, tujuan dari pembekalan pranikah ini merupakan bentuk tanggung jawab negara dalam menyiapkan calon-calon pasangan baru yang akan membangun rumah tangga sehat.

Dengan pembekalan pranikah ini, Muhadjir berharap agar keluarga yang dibentuk menjadi keluarga sehat dan melahirkan generasi sehat pula.

Muhadjir menjelaskan, jika saat ini banyak pasangan pengantin baru yang menikah dengan bekal 'bondo nekat' atau bonek. Pasangan pengantin ini dinilai Muhadjir berpeluang menjadi keluarga miskin dan menjadi beban negara.

"Saat ini banyak sekali calon pengantin bonek. Mereka nggak ngitung sesudah menikah nanti dikasih makan apa keluarga itu dan akan tinggal di mana? Yang penting nekat dulu," tegas Muhadjir di Kampus Universitas Aisyiyah, Sabtu (16/11/2019).

Muhadjir menerangkan, pembekalan pranikah ini akan melibatkan kementerian lintas sektor. Seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Sumber: Liputan6.com

Editor: Surya