Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Posisi-posisi Strategis Ini Dulu Diisi Jenderal Bintang Dua Kini Tiga
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 15-11-2019 | 08:52 WIB
apel-pengamanan-pelantikan-presiden-beberapa-waktu-lalu.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Apel pengamanan pelantikan presiden beberapa waktu lalu. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah tengah menggodok jabatan perwira tinggi di tubuh TNI dan Polri. Rencananya, akan ada penambahan posisi bintang tiga. Dari yang sebelumnya dijabat oleh mereka yang berbintang dua, kini akan diisi pangkat bintang tiga.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Men PAN RB) Tjahjo Kumolo.

"TNI, bintang 3 tambah, bintang 2 tambah, saya sekarang kaji bagaimana untuk Kopassus, Marinir, Paskhas, yang jumlahnya (anggota) di bawah Kostrad, kalau di Kepolisian nanti akan menambah 1 (posisi) untuk bintang 3, dan untuk 4 posisi bintang 2, tetapi itu sedang kami bahas dan kaji," kata Tjahjo Kumolo, Rabu (13/11).

Berikut posisi-posisi strategis yang pernah dijabat oleh jenderal bintang dua tapi kini dijabat jenderal bintang tiga:

Komandan Korps Brimob

Komandan Korps Brimob sempat dijabat Kombes, Brigjen, Kolonel, dan Irjen. Kini, jabatan Komandan Brimob bakal diisi dengan pangkat Komjen (Komisaris Jenderal) atau bintang tiga. Komandan Brimob berpangkat Kombes dijabat dari tahun 1945 sampai 1965. Kemudian kenaikan pangkat Komandan Korps Brimob dari Kombes menjadi Brigjen mulai dilakukan pada tahun 1965, di era akhir kepemimpinan Presiden Soekarno.

Pangkat Komandan Brimob kembali berubah dari tahun 2002 hingga 2019, atau dari era kepemimpinan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri hingga Presiden ke-8 Joko Widodo. Pada 2002, pangkat Komandan Brimob dinaikan dari Brigjen menjadi Irjen.

Di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi, rencananya pangkat Komandan Brimob bakal dinaikan satu tingkat dari Irjen menjadi Komjen. Hal itu diakui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Men PAN RB) Tjahjo Kumolo.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto

Jabatan Kepala RSPAD Gatot Soebroto juga akan diisi oleh pangkat bintang tiga atau Letjen. Sebelumnya, jabatan Kepala RSPAD Gatot Soebroto diduduki perwira tinggi (pati) TNI berpangkat Mayjen, ke depan rencananya bakal diduduki pati dengan bintang tiga di pundak alias Letnan Jenderal (Letjen).

Dahulu, Kepala RSPAD Gatot Soebroto dijabat pangkat Letkol tahun 1950 sampai 1959. Kemudian tahun 1959, pangkat kepala RSPAD naik menjadi Kolonel.

Kemudian pada tahun 1972, Kepala RSPAD dijabat oleh Brigjen dan pada 1973 sampai 1977, kepala RSPAD dijabat oleh Kolonel.

Kepala RSPAD kemudian naik jadi bintang dua alias Mayjen tahun 2015. Kemudian pada 2019, rencananya kepala RSPAD akan diisi oleh pangkat bintang tiga alias Letnan Jenderal.

Komandan Pusat Polisi Militer TNI atau Danpuspom TNI
Saat ini Pusat Polisi Militer TNI dijabat oleh Perwira Tinggi TNI bintang dua (Mayjen). Sebelumnya Komandan Pusat Polisi Militer TNI atau Danpuspom TNI sempat dikenal dengan Staf Khusus POM TNI.

Jabatan Danpuspom TNI mulai ada sejak Mei 2015. Kala itu yang menjabat adalah Mayjen TNI Mayor Jenderal TNI Maliki Mift sampai Desember 2015.

Setelah masa jabatan Mayjen TNI Maliki Mift habis, kemudian digantikan oleh Mayjen TNI Dodik Wijanarko (2015-2017). Kini, jabatan Danpuspom TNI masih diisi oleh Mayjen TNI Dedy Iswanto (2017-saat ini).

Kepala BNPT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sempat dijabat oleh jenderal polisi bintang dua atau Irjen. Namun, pangkat perwira polisi yang menjabat kepala BNPT dinaikan menjadi bintang tiga atau Komjen sejak era Saud Usman Nasution.

Kepala BNPT pertama dijabat oleh Irjen Pol Ansyaad Mbai (2010-2014). Kemudian pada 2014-2016, Kepala BNPT dijabat oleh Komjen Pol Saud Usman Nasution.

Usai masa jabatan Komjen Pol Saud Usman Nasution habis, digantikan oleh Komjen Pol Tito Karnavian tahun 2016. Setelah itu, digantikan oleh Komjen Pol Suhardi Alius sejak 2016 hingga saat ini.

Kepala BNPB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga sempat diemban oleh perwira TNI dengan pangkat bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen). Kini pangkat Kepala BNPB sudah dinaikan menjadi bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen).

Jabatan kepala BNPB mulai demban oleh Mayor Jenderal TNI (Purn) Syamsul Maarif pada Mei 2008-September 2015. Kemudian Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei (2015-2019). Saat ini, Kepala BNPB dijabat oleh Letnan Jenderal TNI Doni Monardo (2019-saat ini).

Sumber: Merdeka.com
Editor: Chandra