PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Kontroversi Warnai Laga Big Match Liverpool - Man City
Oleh : Redaksi
Senin | 11-11-2019 | 08:52 WIB
fabinho-liverpool1.jpg honda-batam
abinho mencetak gol pertama Liverpool. (AP Photo/Jon Super)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tercatat sedikitnya ada empat kontroversi saat Liverpool mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1 pada laga Liga Inggris 2019/2020 pekan 12 di Stadion Anfield, Minggu (10/11/2019) malam waktu setempat.

Gol-gol kemenangan The Reds diciptakan oleh Fabinho, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Satu-satunya gol hiburan The Citizens diciptakan Bernardo Silva pada babak kedua.

Sejumlah kontroversi pun terjadi pada laga bigmatch raksasa Liga Inggris tersebut. Berikut empat kontroversi yang mewarnai kemenangan skuat besutan Jurgen Klopp atas The Citizens:

1. Handball Alexander-Arnold
Para pemain Man City dan sang manajer, Pep Guardiola, bereaksi setelah Fabinho mencetak gol untuk The Reds pada menit keenam. Pasalnya beberapa saat sebelum gol itu, bek Livepool Trent Alexander-Arnold diklaim melakukan handball di dalam kotak penalti timnya.

Wasit Michael Oliver menganggap tak ada pelanggaran dan permainan tetap dilanjutkan.

Dalam tayangan ulang, tampak jelas tangan kanan Alexander-Arnold yang aktif memang menyentuh bola. Namun beberapa detik sebelumnya, tampak pula bahwa tangan kiri Bernardo Silva juga mengenai bola sebelum terjatuh diadang Dejan Lovren dan bola mengenai lengan Alexander-Arnold.

Wasit Michael Oliver sempat meminta Video Assistant Referee (VAR) terkait insiden itu. VAR kemudian menilai tidak perlu penalti.

2. Gol Salah Berbau Offside
Gol kedua The Reds ke gawang The Citizens yang diciptakan Mohamed Salah pada menit 13 juga dinilai menuai kontroversi. Salah sukses menanduk bola umpan Andy Robertson di sisi kanan pertahanan Man City.

Namun dalam tayangan ulang, Salah diklaim berada dalam posisi offside sebelum menanduk bola ke gawang Claudio Bravo. VAR kemudian memutuskan Salah tidak dalam posisi offside.

3. Mane Mendorong Sterling
Para pemain Manchester City kembali meradang pada menit 64. Aksi Sadio Mane mendorong Raheem Sterling di dalam kotak penalti Liverpool tidak dianggap pelanggaran.

Lihat juga: Hasil Liga Inggris: MU Hajar Brighton & Hove Albion 3-1
Wasit kembali meminta VAR, tapi keputusannya tetap tidak ada hadiah penalti untuk The Citizens.

4. Alexander-Arnold Kembali Handball
Kontroversi kembali terjadi setelah The Citizens tertinggal 1-3 dari Liverpool. Tepatnya pada menit 83, Alexander Arnold diklaim kembali melakukan handball di dalam kotak penalti Liverpool.

Dalam tayangan ulang, tangan kiri bek sayap The Reds kembali mengenai bola tendangan dari Raheem Sterling. Namun tidak ada penalti untuk insiden ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha