Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stadion Olahraga Badang Perkasa di Karimun Terabaikan, Atap Seng Tribun Berlepasan
Oleh : Freddy
Rabu | 06-11-2019 | 17:52 WIB
stadion-badang.jpg Honda-Batam
Kondisi memprihatinkan stadion olahraga Badang Perkasa di Kecamatan Meral Barat, Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Renovasi atau perbaikan atap tribun stadion olahraga Badang Perkasa di Kecamatan Meral Barat perlu disegerakan sebelum memakan korban atau semakin parah kerusakannya.

Atap seng yang seharusnya tetap berjejer di atas tribun utama itu sudah lama berlepasan dari besi penyangga stadion olahraga Badang Perkasa.

Hairul, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun mengatakan, sebenarnya perbaikan atap seng stadion olahraga Badang Perkasa sudah diusulkan melalui Dinas PUPR Kabupaten Karimun pada tahun 2019 ini, tetapi masih belum bisa direalisasikan karena keuangan daerah defisit.

Menurutnya, atap tribun stadion olahraga Badang Perkasa tersebut akan diperbaiki pada tahun ini, tetapi karena terjadinya defisit anggaran terpaksa renovasi yang dilakukan Dinas PUPR belum bisa dilaksanakan pada anggaran 2019 ini.

Hal senada disampaikan, Sopyan, Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Kabupaten Karimun, renovasi perbaikan atap tribun stadion olahraga Badang Perkasa dan atap Indoor GOR sudah beberapa kali diusulkan tetapi hingga kini belum juga direalisasikan.

"Saya tak tahu juga pada tahun anggaran 2020 nanti, perbaikan atap tribun stadion olahraga Badang Perkasa ada dimasukkan, apa tidak," kata Sopyan.

Melihat kondisi atap seng stadion yang sudah berlepasan dari pakunya, bahkan sudah hilang, Sopyan mengatakan, kondisi ini memang sangat memprihatikan, apalagi stadion olahraga kebanggaan masyarakat Karimun ini sering digunakan untuk pertandingan sepakbola dan kegiatan lainnya.

Ketika ditanya BATAMTODAY.COM, apakah Dispora Kabupaten Karimun tidak mempunyai anggaran pemeliharaan atau perawatan? Sopyan menjelaskan, anggaran pemeliharaan di Dispora memang ada dianggarkan setiap tahunnya, tetapi nilainya tidaklah besar dan dananya tidak mencukupi untuk melakukan renovasi atau perbaikan keseluruhan sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Karimun.

"Kita sudah usulkan anggaran untuk pemeliharaan atau perawatan yang nilainya kami anggap tidaklah terlalu besar, tetapi selalu saja dipangkas nilainya, sehingga tak cukup untuk biaya pemeliharaan seluruh stadion olahraga yang dikelola Dispora," jelas Sopyan.

Menurut beberapa warga Karimun, seharusnya Pemerintah Daerah bisa memprioritaskan untuk perbaikan atau renovasi stadion olahraga Badang Perkasa dan indoor GOR, karena kondisi sudah parah.

Editor: Gokli