Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Viral Penculikan Anak, Kapolsek Batuaji: Jangan Asal Sebar Info ke Medsos
Oleh : Hendra
Selasa | 05-11-2019 | 15:28 WIB
penculikan_di_medsos.jpg Honda-Batam
Viral penculikan di grup facebook Wajah Batam (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sempat viral di media sosial facebook grup Wajah Batam, seorang pria disebutkan menculik anak-anak dengan narasi 'Telah ditangkap sang penculik anak tadi jam 8 WIB di Perumahan Fanindo, Batuaji'.

Menanggapi hal ini Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe mengatakan kebenaran informasi tentang kasus penculikan anak itu belum ada kebenarannya.

Meski begitu, Dalimunthe mengatakan warga yang berada di lokasi kejadian telah mengamankan Surianto, pria berumur 47 tahun yang ditudukan sebagai pelaku.

Bahkan saat kejadian juga sebagian warga langsung memviralkan kejadian ke media sosial, dikarenakan mereka sempat melihat Surianto membawa anak-anak keliling menggunakan mobilnya.

"Terkait adanya isu penculikan anak ini, kami langsung cepat tanggap. Surianto kita amankan dulu di Polsek, agar warga tenang," kata Dalimunthe, Selasa (5/11/2019).

Setelah Surianto diamankan, Kapolsek Batuaji langsung memanggil warga dan melalukam mediasi antara orang tua anak dan Surianto. Bahkan Dalimunthe mengatakan sampai saat ini, tidak ada bukti kuat atau unsur penculikan, bahkan pelecehan terhadap anak-anak yang dilakukan oleh Surianto, seperti yang dianggap warga.

"Surianto tak terbukti menculik anak ataupun berbuat cabul. Bahkan anak-anak itu mengaku tidak pernah disentuh oleh Surianto," tegas Dalimunthe.

Kepada polisi Surianto mengatakan bahwa dia adalah seorang supir online yang juga sering mangkal di kawasan Fanindo. Di tempat dia mangkal, dia sering berjumpa dengan anak-anak bahkan hingga kini ada sekitar 11 anak yang akrab dengannya. "Anak anak itu sudah kenal dekat dengan dia sejak empat bulan lalu," terangnya

Dari keterangan yang didapat, Dalimunthe memaparkan kedekataan Surianto dan anak-anak karena Dia sering baik kepada anak-anak di sekitar, bahkan sesekali Dia sering memberi anak-anak itu jajan, karena telah menganggap seperti anaknya sendiri.

"Pas mangkal di Fanindo, Surinto sering memberikan uang kepada anak anak untuk bermain permainan di sana, sehingga anak anak semakin dekat dengannya" terang Dalimunthe.

Hingga Selasa (5/11/2019) siang ini orang tua anak yang merasa curiga akan prilaku Surianto dan merasa ada kejanggalan, akhirnya mengamankannya setelah melihat banyak anak-anak di dalam mobil Surianto. Orangtua merasa takut jika anak mereka sempat di apa-apain olehnya. "Tenyata Surianto belum terbukti penculik anak. Tapi demikian, kasus ini akan terus kami dalami," terangnya

Berdasarkan hasil mediasi, Surianto yang tidak terbukti menculik anak diminta warga untuk tidak boleh lagi mangkal di Fanindo. Sebab orang tua anak merasa khawatir anak-anaknya nyaman dengan orang-orang tak dikenal.

"Kalau memang Surianto memiliki niat jahat, maka sudah dari dulu anak itu diculik. Sementara pertemanan Surianto dan anak itu sudah berjalan 4 bulan, Surianto mengaku sudah menganggap anak itu sebagai anak kandungnya sendiri," tutupnya

Editor: Surya