Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Tarempa Sudah Didukung 2 Unit Ambulance
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 24-10-2019 | 18:40 WIB
ambulance-anambas.jpg Honda-Batam
Salah satu Mobil Ambulance milik RSUD Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) menyampaikan saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) telah memiliki dua unit mobil ambulance untuk mendukung operasional. Itu setelah didukung adanya bantuan pusat melalui DAK Afirmasi.

"Sudah ada untuk pendukung operasional RSUD. Satu ambulance baru tiba dari pengadaan DAK. Jadi saat ini sudah ada dua unit ambulance," kata Herianto, Kadinkes PPKB Anambas, Kamis (24/10/2019).

Herianto mengakui mobil ambulance yang sebelumnya mengalami laka tunggal di Temburun masih dalam perbaikan. Dia pun mengakui, kalau ambulance tersebut merupakan satu-satunya ambulance milik RSUD.

"Ambulance yang kecelakaan kemarin masih diperbaiki. Untuk sementara waktu, kita pakai ambulance Puskesmas Siantan. Dan saat ini sudah dikembalikan, karena ambulance dari DAK telah tiba," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, mobil ambulance milik RSUD yang baru itu bermerk Luxio. Dan spesifikasinya lebih kecil dibandingkan mobil ambulance yang bermerk APV.

Sebelumnya, satu unit ambulance dengan plat BP 1004 S mengalami laka tunggal di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Selasa (20/8/2019) sore. Ambulance tersebut diketahui bertolak dari RSUD Tarempa, Kecamatan Siantan menuju Dusun Selambak, Desa Pesisir Timur untuk menjemput pasien.

"Awalnya kami melihat mobil (ambulance) itu laju. Kemudian terdengar suara aneh yang menggugah rasa penasaran. Kami langsung menuju lokasi, ternyata mobil sudah di luar jalan dengan kondisi mobil sudah penyot dan sebagian kaca pecah," kata Ruslan salah satu warga Desa Temburun, Selasa (20/8/2019).

Editor: Gokli