Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Lingga Gelar Pertemuan Lintas Sektoral Cegah Masalah Kesehatan Jiwa
Oleh : Wandy
Rabu | 23-10-2019 | 11:40 WIB
dinkes-lingga1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kegiatan penguatan program pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan napza. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menggelar pertemuan bersama lintas sektoral dalam rangka penguatan program pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan napza yang digelar di One Hotel Dabo Singkep, Rabu (23/10/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Asri Wijaya, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk penguatan dan komitmen serta kebijakan Kabupaten Lingga dalam mengatasi permasalahan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) atau orang dengan masalah kesehatan jiwa.

"Untuk penguatan permasalahan tersebut ada dua kategori yakni berat dan ringan. Untuk gangguan jiwa yang berat seperti yang berada di jalan-jalan sementara yang ringan misalnya fisik orang tersebut terlihat baik namun perilaku tidak baik maka masuk kategori tidak sehat," kata Asri

Menurut Asri, ODGJ di Kabupaten Lingga cukup tinggi dimana terdata lebih kurang 130 kasus. Maka untuk penanganan kasus tersebut pihaknya berharap adanya masyarakat yang melaporkan ke Dinas Kesehatan agar bisa segera di atasi.

"Karena untuk penanganan kasus tersebut harus ada yang melaporkan terlebih dahulu baru bisa kita tangani. Kalau bisa kita berharap kepada pihak keluarga yang anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa agar tidak di pasung namun laporkan saja ke kita agar segera ditangani," ujarnya

Asri menuturkan bahwa dengan adanya kebijakan dan komitmen penguatan lintas sektor ini baik dari Camat, Lurah, Kades, dan Disdukcapil nantinya akan berupaya bagaimana mengatasi masalah ODGJ di Kabupaten Lingga.

"Intinya melalui lintas sektoral ini kita sama-sama mengatasi masalah ODGJ di Kabupaten Lingga," tutup Asri.

Editor: Yudha