Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres dan Dandim Natuna Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden
Oleh : Kalit
Sabtu | 19-10-2019 | 17:16 WIB
apel-natuna1.jpg Honda-Batam
Apel pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di wilayah Kabupaten Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Polres Natuna menggelar apel kesiapan pasukan TNI-Polri dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di wilayah Kabupaten Natuna.

Sebagai bentuk nyata jalinan sinergitas TNI - Polri, apel pasukan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi karyanto dan Dandim 0318/Natuna, Letkol (Czi) Ferry Kriswardana dihalaman Mapolres Natuna, Sabtu (19/10/2019).

Bahkan, dalam penyampaian amanat Kapolda Kepulauan Riau disampaikan oleh Dandim 0318/Letkol (Czi) Ferry Kriswardan. Dalam hal ini ditegaskan tanggal 20 Oktober 2019 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana MPR RI mengadakan sidang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode lima tahun mendatang kepada pasangan Jokowi dan Makruf Amin.

Lanjut Dandim, untuk menyikapi situasi yang berkembang saat ini dan dalam upaya menjaga situasi kondusif dan aman, maka dilakukan apel kesiapan pasukan yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda dan elemen masyarakat.

"Apel kesiap siagaan pasukan ini digelar dalam rangka menjaga kondusifitas, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman ditengah masyarakat Kabupaten Natuna disaat momen pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih," terangnya.

Adapun bentuk pengamanan dan pengawasan yang dilakukan personel gabungan akan melakukan patroli skala besar yang akan di sebar di seluruh wilayah kabupaten Natuna.

Meski sejauh ini Kabupaten Natuna masih dikatakan aman dan kondusif, namun perkembangan situasi dan kondisi bisa saja berubah, dan itu tidak bisa dipandang sebelah mata, karena bisa saja ada perubahan strategi dari pihak tertentu yang memanfaatkan keadaan.

"Artinya, perkembangan harus terus dipantau dari waktu ke waktu. Bahkan bisa saja muncul dari isu – isu yang berkembang, sehingga bisa memicu satu peristiwa, bahkan terjadinya konflik di Kabupaten Natuna," terang Dandim.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres Natuna AKPB Nugroho Dwi Karyanto, untuk kesiapan pengamanan agar tercipta kondisi aman, nyaman dan kondusif di wilayah kabupaten Natuna, sebanyak 220 personel gabungan yang didukung oleh TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, serta Basarnas Natuna akan disiagakan.

"Hal ini kita lakukan demi menjaga keutuhan negara dan bangsa, NKRI harga mati," terang Kapolres.

Sementara itu, Danyon Komposit Garda Pati,Letkol Ahmad juga menambahkan, pihaknya telah juga telah mengirim personil untuk ikut serta Pengamanan di Kota Batam saat pelantikan presiden dan wakil presiden RI.

Usai Apel dilakukan deklarasi dukungan menyuksekan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden bersama elemen masyarakat Natuna.

Editor: Yudha