Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terus Terpuruk, Musim Depan Sponsor Utama MU Hengkang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 11-10-2019 | 18:28 WIB
man-utd112.jpg Honda-Batam
Manchester United.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Terus mengalami keterpurukan, Manchester United bakal kehilangan sponsor utama mereka yaitu Chevrolet.

Chevrolet merupakan sponsor utama Setan Merah sejak 2014. Merek perusahaan kendaraan roda empat asal Amerika Serikat itu terpampang di bagian depan jersey MU untuk jangka waktu tujuh tahun sesuai kontrak.

Perusahaan manufaktur mobil tersebut mencapai kata sepakat dengan MU pada 2012 untuk menjadi sponsor utama. Dalam kesepakatan itu, Chevrolet akan menggelontorkan uang sebesar 410 juta poundsterling atau setara Rp7,2 triliun untuk jangka waktu tujuh tahun. Kerja sama sponsor tersebut kemudian mulai dijalankan pada 2014.

Ironisnya selama klub itu disponsori Chevrolet sejak 2014, MU gagal meraih satu pun gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions.

Belakangan Daily Mail melansir, Chevrolet tidak akan memperpanjang kontrak dengan Setan Merah yang akan berakhir pada musim depan.

Perusahaan yang berada di bawah grup General Motors (GM) itu menilai kegagalan MU dalam meraih gelar juara pada ajang bergengsi seperti Liga Inggris dan Liga Champions menjadi pertimbangan utama tak akan meneruskan kontrak sponsor.

Selain itu, Chevrolet merasa kecele dengan dana yang terlalu besar untuk digelontorkan sebagai sponsor utama. Mereka menilai perbedaan angkanya amat jauh dibandingkan perusahaan yang pernah menjadi sponsor di MU.

Masih dilansir dari Daily Mail, AON hanya membayar 19,6 juta poundsterling pada rentang 2010-2014. AIG hanya membayar 14,1 juta poundsterling (2006-2010), sedangkan Vodafone hanya membayar 8 juta poundsterling (2000-2006). Sementara Chevrolet harus mengeluarkan sebesar 68 juta poundsterling per musim.

Para petinggi GM disebut sudah gerah dengan prestasi MU yang semakin anjlok sehingga mereka memutuskan untuk tak memperpanjang masa kontrak sponsor.

"Itu merupakan sebuah kekacauan sejak awal. Ada kesan bahwa Chevrolet terlalu banyak membayar dan itu tidak akan dilakukan lagi," demikian keterangan salah satu sumber Daily Mail.

Diberitakan pula bahwa Kepala Marketing Global Chevrolet, Joel Ewanick, yang meloloskan kerja sama sponsor dengan MU langsung dipecat setelah kesepakatan diumumkan. Ewanick dianggap ceroboh dalam melakukan kerja sama sponsor dengan Setan Merah tanpa melihat perbandingan dengan perusahaan lain yang pernah mensponsori Setan Merah.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha