PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Pastikan Tokoh Papua akan Jadi Menteri di Kabinetnya
Oleh : Redaksi
Jumat | 11-10-2019 | 17:04 WIB
007_presiden_jokowi02.jpg honda-batam
Presiden Joko Widodo.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan memasukkan tokoh Papua dalam susunan kabinet dalam pemerintahan periode 2019-2024.

Meski begitu, Jokowi belum bisa memastikan berapa jumlah tokoh Papua yang akan merampaikan komposisi menteri Jokowi-Maruf Amin nanti.

"Saya pastikan ada. Saya pastikan ada (tokoh Papua) yang masuk kabinet. Berapa orang, nanti kita lihat," kata Jokowi usai menemui kunjungan perwakilan siswa SD Kabupaten Jayapura dan Asmat Provinsi Papua di Istana Merdeka, Jumat (11/10/2019).

Jokowi sendiri sudah memasukkan tokoh Papua dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 ini. Tokoh tersebut adalah Yohana Susana Yembise, yang menduduki posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Jokowi juga memastikan bahwa daftar menteri-menteri yang akan menjabat dalam pemerintahan selanjutnya sudah rampung ia rancang.

Namun Jokowi belum mau membocorkan kapan dirinya akan mengumumkan jajaran 'anak buah' yang akan membantu kerjanya selama lima tahun ke depan tersebut.

"Mungkin di hari yang sama dengan pelantikan, mungkin sehari setelah pelantikan. Insya Allah semua akan kita siapkan," kata Jokowi.

Mengenai kapan kabinet akan diumumkan, Jokowi mengatakan bisa hari yang sama saat pelantikan bisa juga sehari setelahnya. Ia menyebutkan saat ini sudah punya susunan kabinet.

Dengan pertimbangan tertentu, lanjutnya, menjelang pengumuman bisa saja susunan kabinet berubah.

Menurut rencana, pasangan capres dan cawapres terpilih hasil pemilihan umum Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilantik Minggu (20/10/2019).

Setelah itu, akan diumumkan kabinet baru yang di antaranya diisi kalangan profesional dan milenial. Salah satu nama yang disebut-sebut kembali menduduki jabatan dalam kabinet baru tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Editor: Surya