PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suporter Rusuh di Laga Timnas Indonesia Vs Malaysia, FIFA Denda PSSI Rp643 Juta
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-10-2019 | 09:40 WIB
fifa.jpg honda-batam
Kantor Fifa. (Istimewa)

BATAMTODAY,COM, Jakarta - Federasi sepak bola dunia, FIFA akhirnya mengeluarkan putusan untuk PSSI menyusul kerusuhan suporter ketika Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia pada partai pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019) lalu.

Buntut dari kejadian tersebut, PSSI harus merogoh kocek yang tak sedikit. Federasi sepak bola di Indonesia itu diwajibkan membayar denda sebesar CHF45.000 atau sekitar Rp643 juta kepada FIFA.

"PSSI menghormati proses hukum dan putusan dari FIFA," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, Selasa (8/10/2019).

"Kami akan segera memenuhi kewajiban kami dan mengevaluasi agar tidak terulang,” katanya menambahkan.

Tisha pun berharap peristiwa pada 5 September lalu akan menjadi yang terakhir. Sebab menurutnya, sepak bola seharusnya menjadi alat pemersatu.

"Sepak bola harusnya menyatukan, mempromosikan keragaman budaya dan menyerukan sikap saling menghormati," imbuh Tisha.

Sementara itu dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan melakoni matchday ketiga Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia kontra Uni Emirat Arab (UEA). Duel kedua negara bakal berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019).

Usai bertandang ke markas UEA, Timnas Indonesia akan kembali menjalani laga kandang. Lawan yang bakal dijamu Evan Dimas dan kawan-kawan adalah Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 15 Oktober mendatang.

Sumber: Bola.net
Editor: Chandra