Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puan Maharani Dilantik sebagai Ketua DPR Malam Ini
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2019 | 18:16 WIB
puan_maharani_2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Puan Maharani akan dilantik sebagai Ketua DPR Periode 2019-2024

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rapat konsultasi fraksi-fraksi DPR akhirnya menyepakati pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024 digelar malam ini, sekitar pukul 19.30 WIB. Puan Maharani dari PDIP dipastikan menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Puan akan didamping Azis Syamsuddin dari Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Partai Nasdem. Sementara calon Wakil Ketua DPR dari PKB hingga kini masih dirahasiakan, namun dari informasi yang didapat diusulkan Jazilul Fawaid atau Cucun Syamsurizal.

"Nanti malam pukul 19.00 WIB ada rapat paripurna untuk ambil sumpah dan janji Ketua DPR yang definitif. Puan Maharani ketuanya," ujar Ketua DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, seusai rapat konsultasi bersama fraksi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dalam rapat konsultasi, fraksi-fraksi yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR mengirimkan nama kadernya. Hanya PKB yang masih meminta waktu hingga pelantikan dilakukan.

"PKB belum. Jadi nanti satu jam lagi baru. Dia minta waktu satu jam lagi," sebut Abdul.

Anggota DPR tertua di periode ini menyebut PKB belum memberi kisi-kisi siapa yang akan ditunjuk sebagai pimpinan DPR. Abdul juga mempersoalkan mengapa Muhaimin Iskandar yang merupakan anggota fraksi sekaligus Ketum PKB tak hadir di rapat konsultasi.

"Aturannya Muhaimin-lah ya yang datang, ya kan," kata Abdul.

Abdul lalu merinci 3 Wakil Ketua DPR yang sudah dipastikan oleh fraksi-fraksi yang mendapat jatah kursi pimpinan DPR. Untuk Golkar adalah Azis Syamsuddin, Gerindra adalah Sufmi Dasco Ahmad, dan NasDem adalah Rachmat Gobel.

Pimpinan DPR itu akan dilantik oleh Mahkamah Agung. Total ada 1 ketua dan 4 wakil ketua DPR.

Ediitor: Surya