Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahas Kejahatan Trans Nasional

Polri-PDRM Gelar Pertemuan di Batam
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 09-04-2012 | 10:49 WIB

BATAM, batamtoday - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Polis Di Raja Malaysia (PDRM) akan menggelar pertemuan di Batam guna membahas pemberantasan kejahatan trans nasional selama dua hari. 

Direktur Reserse Narkotika Polda Kepri Kombes Agus Rohmat mengatakan dari Mabes Polri dipastikan hadir Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol. Sutarman. 

"Agendanya rapat koordinasi Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim pada tanggal 11-12 (Maret 2012) ini di Novotel," ujar Agus kepada batamtoday, Senin (9/4/2012) pagi. 

Agus menambahkan, selain membahas permasalahan peredaran narkotika asal Malaysia yang kerap masuk ke wilayah Indonesia khususnya Batam melewati jalur pelabuhan resmi dan pelabuhan tidak resmi di dua negara ini, dalam rapat tersebut juga akan membahas kejahatan lainnya seperti trafficking maupun penyelundupan. 

"Selain Polisi Narkotika Malaysia juga akan hadir dalam pertemuan dua negara ini membahas masalah perbatasan yang dihadiri Direktorat Polair Mabes Polri, Kepala Pusat dan Wilayah Bea Cukai Indonesia serta dari Custom Malaysia," terangnya. 

Sebelumnya papar Agus kembali, pada Sabtu (7/4/2012) kemarin malam kedua instansi negara ini sudah bertemu di hotel yang sama.  

Adanya pertemuan kedua institusi kepolisian bersama dengan bea cukai kedua negara diharapkan dapat semakin mempersempit ruang gerak peredaran narkotika. Terlebih, belum lama ini juga ditangkap sindikat narkotika internasional berikut barang bukti sabu yang disebut-sebut berasal dari Malaysia.