Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dispora Bintan Mulai Seleksi Atlet Popda Kepri 2020
Oleh : Harjo
Sabtu | 28-09-2019 | 16:16 WIB
silat-bintan1.jpg Honda-Batam
Seleksi atlet pencak silat oleh Dispora Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Bintan, mengelar seleksi atlet untuk 10 cabang olahraga yang mewakili Bintan ke Pekan Olaraga Pelajar Daerah (Popda) Kepri 2020 di Kabupaten Natuna mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bintan, Hasfi Handra menyampaikan, seleksi untuk atlet Popda yang dilaksanakan di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, dilakukan untuk 10 Cabor. Diantaranya, cabang olahraga sepak bola, sepak takraw, bola voli, nola basket, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, renang, atletik dan pencak silat.

Hasfi menyampaikan pola yang dilaksanakan saat ini dilakukan seleksi. Selanjutnya hasil seleksi akan dilakukan pembinaan melalui sistem TC berjalan yang dipimpin oleh pelatih yang telah ditetapkan oleh Dispora Bintan, dan waktu latihan diatur oleh pelatih.

"Objek pembinaan adalah pelajar dengan kategori olahraga pelajar bukan olahraga prestasi yang dikelola oleh pengurus cabang (Pengcab) olahraga. Karena olahraga pelaja atau pendidikan dikelola Dispora," katanya.

Karena kalau induk organisasi atau Pengcab lainnya, khusus membina olahraga prestasi di bawah naungan Komite Olarga Nasional Indonesia (KONI).

"Sesuai dengan DPA tahun ini, anggaran untuk pembinaan atlit pelajar sebesar Rp 138.740.000," terangnya.

Dijelaskan lebih jauh, karena olahraga terbagi tiga olahraga pelajar dikelola Dispora, olahraga prestasi dikelola KONI dan olahraga pariwisata dikelola dinas pariwisata. Semua tujuannya, untuk menghasilkan atlit yang berprestasi. Namun untuk tahap pembinaannya tetap berbeda.

Pantauan di lapangan, khusus untuk cabang olahraga pencak silat, terkesan panitia kurang siap dalam melakukan seleksi atlit, dimana saat dilapangan baru saling tunjuk siapa yang menjadi juri atau wasit dari perguruan, bukan disiapkan dari sebelum seleksi berjalan atau jauh hari.

Editor: Yudha