Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bentuk Satgas Penanggulangan Karhutla

Polresta Barelang Siagakan Personil dan Mobil Water Canon 24 Jam Antisipasi Karhutla
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 25-09-2019 | 10:06 WIB
kapolres-prasetyo2.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polresta Barelang membentuk satuan tugas (Satgas) secara internal untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Batam. Termasuk juga menyiagakan mobil Armoured Water Cannon (AWC).

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, mengungkapkan pihaknya menyiagakan dua mobil AWC untuk membantu meadamkan kebakaran yang terjadi.

Selain itu, tiga unit alat portable juga disiapkan agar anggotanya bisa disandang dan di bawa ke lokasi untuk memadamkan api.

"Uopaya maksimal kita lakukan untuk membantu medamkan api. Dalam hal ini, semua pihak bekerja sama untuk mengatasi kebakran yang terjadi," ujar Prasetyo, Selasa (24/9/2019).

Upaya ini dilakukan dengan harapan kebakaran hutan dan lahan bisa ditanggulangi dengan cepat. Sehingga, tidak menyebar dan semakin parah.

"Stgas dan juga alat yang kita siapkan standby 24 jam. Kami imbau kepada masyarakat, jika melihat adanya kebakaran langsung menghubungi kami. Jangan hanya menginformasikan di media sosial," imbaunya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak lagi membakar sampah atau membuka lahan dengan cara dibakar. Pihaknya dengan tegas akan menindak siapa saja yang melakukannya.

"Kebakaran lahan ini menjadi atensi, karena sangat banyak yang dirugikan. Selain bisa terkena penyakir ISPa, kita bisa lihat di daerah lain anak-anak terpaksa diliburkan sekolah. Ini sangat merugikan anak-anak kita," sesalnya.

adanya beberapa kasus kebakaran yang ditangi dan pelakunya ditetapkan menjadi tersangka, diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk masyarakat.

"Ada dua faktor dalam kebakaran lahan ini, yakni kelalaian dan disengaja. dua-duanya tetap ditindak tegas. Jadi, jangan coba-coba," pungkasnya.

Editor: Gokli