Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polindes Desa Kote Bagikan Masker ke Warga
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 19-09-2019 | 16:52 WIB
polindes1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bagi-bagi masker. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Tebalnya kabut asap yang melanda wilayah Kabupaten Lingga sejak belakangan hari membuat segala aktivitas terganggu. Bahkan BMKG sendiri sudah mengeluarkan peringatan bahaya mulai dari rendahnya udara sehat serta jarak pandang yang semakin pendek.

Melihat hal demikian, Polindes Kote Sakti yang berada di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir langsung berinisiatif membagikan masker kepada warga yang melintas dijalan. Masker diberikan satu persatu kepada pengendara.

"Kami melihat kondisi dari asap karhutla sudah sangat parah. Setelah di cek dengan menggunakan alat Mini Particle Counter juga telah berada di angka 288 yang tergolong dalam katagori sangat tidak sehat," kata Bidan Polindes Kote Sakti, Murniati kepada BATAMTODAY, Kamis (19/9/2019).

Pembagian masker melibatkan para Kader yang ada di Posyandu. Menurut Murniati pembagian dilakukan terbatas mengingat jumlah masker yang dimilik pihaknya.

"Tetapi kita akan tetap membagikan kepada masyarakat jika kita memiliki masker," katanya

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Desa Kote yang hadir dalam pembagian masker, untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta mengkonsumsi lebih banyak air putih, dan menutup ventilasi rumah dari asap demi mengurangi kemungkinan penyakit akibat dampak asap karhutla.

"Pembagian masker ini hanya untuk antisipasi dan mencegah dini dari serangan penyakit yang diakibatkan daru asap karhutla. Kita hanya bisa berusaha untuk mencegah namun kita juga harus senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dari bahaya karhutla," tuturnya.

Editor: Yudha