Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap Semakin Parah, Isdianto Minta Masyarakat Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 18-09-2019 | 14:16 WIB
isdianto-gub-kepri2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt Gubernur Kepri, Isdianto di Graha Kepri Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Udara di Kepulauan Riau sudah masuk ke fase tidak sehat. Karena itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto minta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Permintaan tersebut dikarenakan kondisi udara di Provinsi Kepri berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) hari ini, untuk Kepri hari ini menunjukan kisaran 170-226.

"Angka tersebut menunjukan bahwa kualitas udara di Kepri saat ini sudah tidak sehat, pengukuran melalui ISPU terus berjalan hingga katagori udara di Kepri kembali membaik," kata Isdianto di kantor Graha Kepri, Batam, Rabu (18/9/2019).

Ia menjelaskan, kondisi udara tidak sehat yang saat ini dirasakan masyarakat Kepri ini tidak sepenuhnya berasal dari Karhutla di Kepri. Hal ini dikarenakan sebagian besar kabut asap yang menyerang Kepri merupakan kiriman dari Karhutla di Sumatra dan Kalimantan.

Dengan adanya himbauan ini, Isdianto meminta agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu juga pihaknya akan membagikan masker secara cuma-cuma kepada masyarakat yang beraktivitas setiap harinya diluar ruangan.

"Seperti sekolah, pasar dan beberapa aktifitas diluar ruangan, maka Pemprov Kepri memberikan dan menyediakan 100.000 keping masker dan mendapatkan bantuan juga dari pemerintah pusat akan mengirimkan 500.000 keping masker," tuturnya.

Editor: Dardani