PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerbangan di Bandara Palembang Sempat Tertunda Akibat Kabut Asap
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 13-09-2019 | 17:04 WIB
kabut-asap-bintan.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Palembang - Sebanyak lima penerbangan di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II Palembang, Jumat (13/9/2019) mengalami penundaan atau delay. Hal itu diakibatkan oleh jarak pandang yang tidak aman bagi dunia penerbangan.

Demikian disampaikan oleh Pelaksana Tugas General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Indra Crisna Seputra. Menurutnya semakin siang, jarak pandang semakin membaik sehingga jadwal kembali normal.

"Ada lima penerbangan yang mengalami penundaan baik kedatangan maupun keberangkatan," katanya.

Ia mencatat ada tiga jadwal kedatangan yang mengalami penundaan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng menuju SMB II. Sedangkan dua jadwal lainnya merupakan keberangkatan dengan tujuan Cengkareng dan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi, jarak pandang terendah pada 13 September 2019 mencapai 300 meter pada pukul 06.00 WIB.

Adapun jadwal penerbangan yang mengalami penundaan diantaranya: maskapai Garuda Indonesia 100 dari Cengkareng-Palembang seharusnya berangkat pada pukul 06.45 WIB, namun baru bisa diberangkatkan pada 08.55 WIB.

Penundaan ini berpengaruh pada penerbangan selajutnya dimana penerbangan selanjutnya dimana pada untuk GA 102 dari Cengkareng baru yang seharusnya berangkat pada pukul 08.45 WIB, namun karena kabut asap, pesawat baru diberangkatkan pada 09.18 WIB.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Bandara SMB II, Bambang Beny Setiadji mengatakan, angin permukaan yang tercatat di BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang umumnya dari tenggara dengan kecepatan 5-20 Knot (9-37 Km/Jam) mengakibatkan potensi masuknya asap akibat karhutla ke wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.

Sumber dari LAPAN Tanggal 13 September 2019 tercatat beberapa titik panas di wilayah sebelah selatan-tenggara Kota Palembang dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen yang berkontribusi asap ke wilayah Kota Palembang yakni pada kawasan SP Padang, Banyu Asin I, Pampangan, Tulung Selapan, Cengal, Pematang Panggang, Air Sugihan, Pedamaran dan Mesuji.

"Jarak Pandang terendah pagi ini yang tercatat di Bandara SMB II Palembang 300-500 m," katanya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha