PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kwaran Meral Juara Umum Kemah Besar HUT Pramuka ke-58 di Karimun
Oleh : Fredy
Kamis | 05-09-2019 | 08:04 WIB
oramuka-karimun.jpg honda-batam
Penyerahan hadiah lomba secara simbulis. (Irwan)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Meral kembali mempertahankan gelar juara umum pada kegiatan kemah besar dalam rangka HUT Pramuka ke 58 tahun, yang dilaksanakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun.

Prestasi yang membanggakan ini setelah panitia bidang pertandingan mengumumkan hasil perlombaan pada acara pembubaran panitia Kemah Besar di ruang Anggrek Merah Kantor Bupati Karimun, Rabu (4/9/2019).

Ramli, panitia bidang pertandingan mengatakan, atas nama panitia bidang pertandingan dirinya mohon maaf karena baru bisa mengumumkan rekapitulasi hasil juara umum pada acara pembubaran panitia kemah besar yang dilaksanakan saat ini.

Dijelaskannya, hasil penilaian ini dilakukan secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam buku panduan yang telah dibagikan kepada Kwaran-Kwaran yang ikut Kemah Besar.

Setelah dilakukan rekab dari hasil perolehan medali yang di dapat masing-masing Kwaran ,mulai dari perolehan medali emas, medali perak dan medali perunggu ,dapat diputuskan dan ditetapkan Kwaran yang menjadi juara umum.

Kwaran Kecamatan Meral keluar sebagai juara umum pertama setelah berhasil meraih 9 medali emas, 7 perak dan 2 perunggu.

Sementara Kwaran Kecamatan Tebing harus puas pada urutan kedua dengan meraih 6 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu. Pada posisi ke tiga, dimenangkan Kwaran kecamatan Karimun yang berhasil meraih 4 emas, 4 perak dan 5 perunggu.

Ketua Umum Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim mengatakan, selaku Ka Kwarcab, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kwaran Pramuka kecamatan yang telah ikut berpartisipasi dalam kergiatan ini.

Anwar hasyim mengucapkan selamat kepada Kwaran Kecamatan Meral yang berhasil keluar sebagai juara umum dan Kwaran kecamatan lainnya yang sudah meraih medali dari perlombaan yang diikuti pada kegiatan kemah besar.

"Bukan mencari siapa yang menjadi juara umum. Namun menjadi tujuan utama dari kegiatan kemah besar ini, tetapi keikutsertaan Kwaran kecamatan sangat penting," kata Anwar.

Menurutnya, kemah besar yang baru saja dilaksanakan Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun merupakan suatu kegiatan yang luar biasa dan ini kegiatan positif yang harus berkelanjutan setiap tahunnya.

Ditegaskan Anwar hasyim, Pramuka sangat diharapkan mampu membentuk karakter pemuda. Tentunya pada kemah besar nantinya tidak hanya perlombaan saja tetapi perlu adanya penyuluhan tentang bahaya narkoba serta santapan rohani bagi para peserta.

"Kalaupun masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam pelaksanaan kemah besar, ini dapat dijadikan evaluasi agar kedepannya dapat lebih baik lagi," ujarnya.

Dijelaskannya, pada kegiatan kemah besar kemarin, peranan dan dukungan dari Kwaran sangat penting sekali sehingga kegiatan ini berjalan sukses.

Hal senada disampaikan Bakrie hasyim. Selaku ketua panitia Kemah besar dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kwaran Pramuka kecamatan yang telah ikut berperan penting dalam mennyukseskan kegiatan kemah besar ini, sehingga berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Rekapitulasi hasil juara umum Kemah besar

1. Kwaran Meral 9 emas, 7 perak , 2 perunggu
2. Kwaran Tebing 6 emas, 2 Perak, 2 Perunggu
3. Kwaran Karimun 4 emas, 4 perak ,5 perunggu
4. Kwaran Belat, 4 Emas, 2 perak, 2 perunggu
5.Kwaran Kuta, 3 emas, 4 perak, 1 perunggu
6.Kwaran Kundur, 2 emas, 3 perak, 6 perunggu
7.Kwaran Moro, 2 emas, 3 perak
8.Kwaran Buru 2 emas , 1 perak 7 perunggu
9.Kwaran Meral barat, 2 emas, 2 perunggu
10.Kwaran Kuba, 1 perak, 4 perunggu
11.Kwaran Durai,1 perak, 3 perunggu
12.Kwaran Ungar,1 perak,1 perunggu.

Editor: Chandra