Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Baru Deteksi Kesehatan Lewat Organ Tubuh
Oleh : Redaksi/Inilah.com
Rabu | 04-04-2012 | 11:43 WIB

BATAM, batamtoday - Tubuh bisa memberi petunjuk visual yang berhubungan dengan kondisi kesehatan. Mata dan rambut bisa menjadi media untuk mendeteksi gangguan kesehatan. 

Pasalnya, gangguan awal yang terjadi pada bagian-bagian tubuh tersebut ternyata menjadi pangkal masalah dalam kesehatan tubuh Anda. Penasaran simak ulasan yang dilansir dari laman Mirror, Rabu (4/4/2012). 

Mata 

Mata merupakan organ pertama yang bisa digunakan untuk mendeteksi ragam penyakit dalam tubuh manusia. Begitulah kesimpulan dari penelitian para praktisi kesehatan di Amerika. 

"Mata adalah tempat pertama di tubuh yang bisa dipakai dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi," kata Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center. 

Orang dengan mata biru atau berwarna terang umumnya telah terbukti lebih sensitif cahaya. Hal ini karena mereka memiliki pigmen lebih sedikit untuk melindungi mereka dari sinar matahari, menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar dari usia degenerasi makula terkait (penyebab paling umum kehilangan penglihatan seiring bertambahnya usia) dan katarak. 

Selain itu, warna keperakan pada arteri mata memperlihatkan kondisi arteri retina yang berubah keperakan merupakan salah satu tanda penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Rambut

Gangguan pada rambut dapat menjadi tanda adanya ketidakberesan dalam tubuh Anda. Seperti apa? 

Rambut tipis. Penipisan rambut sering menjadi tanda-tanda seorang wanita memiliki bayi dalam enam bulan terakhir, karena baik kehamilan dan menyusui membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. 

Rambut tipis juga dapat menandakan Anda kekurangan zat besi. Berdasarkan survei YouGov, zat besi pada tubuh mempengaruhi satu dari empat rambut wanita. 

Kebotakan pada rambut. Kebotakan lebih sering dialami seorang pria. Penelitian di Amerika menemukan, pria yang mengalami kebotakan ternyata lebih pintar dibandingkan pria lain yang tidak mengalami kebotakan. Rata-rata mereka memiliki 4-5 poin lebih tinggi dalam tes IQ. 

Rambut berketombe. Menurut para ahli, kulit kepala yang terkelupas dapat menjadi tanda Anda seseorang yang menderita stres berat. Merasa lelah terus-menerus dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh yang mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk melawan jamur yang menyebabkan ketombe.