PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri, BIN, dan Kemenlu Selidiki Kerterlibatan Asing dalam Kerusuhan di Papua dan Papua Barat
Oleh : Redaksi
Minggu | 01-09-2019 | 17:32 WIB
iqbal_polri2.jpg honda-batam
Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polri, Badan Intelejen Negara (BIN), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tengah menyelelidi keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal membenarkan dugaan tersebut. Dia menyebutkan bila pihak kepolisian telah bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri untuk mengetahui pihak-pihak yang menggerakan kerusuhan di Papua.

"Ada (dugaan keterlibatan pihak asing) tapi ini kan penangangannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian," ucap Irjen M. Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/9/2019).

Iqbal juga menyebutkan, pihak kepolisian sudah menemukan bukti-bukti ketrkaitan antara kelompok-kelompok lokal penggerak kerusuhan di Papua dengan pihak-pihak asing.

"Sebenernya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan terkonek dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan, pihak kami dari intelijen dan beberapa kementerian lembaga terkait sudah bekerja," ungkap Iqbal .

Sehingga, dengan terjadi kerusuhan di Papua beberapa hari belakangan ini lantaran masyarakat Papua terprovokasi dengan kelompok-kelompok yang memang sengaja membuat perpecahan.

"Intinya gak bisa juga kita sampaikan di sini. Ini diplomasi antar negara yang prioritas utama bapak Kapolri menyampaikan, kita jamin keamanan. Kerusuhan yang sudah ada, jangan terjadi lagi. Justru kita kategorikan terprovokasi kemarin," katanya.

Dari hasil pendalaman, Iqbal mengaku intelijen sudah mengetahui pihak yang menggerakkan kerusuhan dan masih di dalami.

"Nah ini pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misalnya terbukti secara hukum, tentunya akan ditegakkan secara hukum," pungkasnya.

Sumber: RMOL
Editor: Surya