Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Ungkap Keterlibatan Asing dalam Kerusuhan di Papua dan Papua Barat
Oleh : Redaksi
Minggu | 01-09-2019 | 15:04 WIB
iqbal_polri1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan ada keterlibatan pihak asing dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri serta Kementerian terkait dalam penanganan penyelidikan kerusuhan di Papua.

"Ada (kaitannya dengan pihak asing) tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian," kata Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (1/9/2019).

Iqbal menjelaskan kepolisian dan kementerian, serta lembaga terkait kini sedang berupaya memetakan penyebab dan siapa saja yang terlibat dalam peristiwa kerusuhan tersebut.

Ia menyebut diplomasi antar negara menjadi prioritas utama untuk menjamin keamanan masyarakat.

"Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan ter-connect dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan," jelasnya.

Ia mengatakan belum bisa membeberkan siapa dan dari negara mana pihak asing yang terlibat itu. Ia juga meminta agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Kalau misalnya terbukti secara hukum tentunya akan ditegakkan secara hukum," ucap dia.

Sebelumnya dilaporkan seorang anggota TNI AD tewas akibat terkena panah dan dua anggota Polri terluka saat bentrok dengan massa yang menggelar demonstrasi di Kabupaten Deiyai, Papua, Rabu (28/8/2019).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko telah menduga ada provokator yang mengakibatkan anggota TNI diduga bernama Serda Rikson itu meninggal dunia.

"Ya, memang ada (provokator). Memang ada. Jadi sering saya katakan memang poros gerakan politiknya sedang masif. Sekarang betul-betul sedang masif," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Moeldoko mengaku sudah meminta laporan dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau terkait kabar enam orang tertembak di Papua.

Berdasarkan kabar yang ia terima, Moeldoko menambahkan seorang anggota TNI tewas dan dua anggota Polri luka-luka. Namun, dalam pemberitaan Reuters dilaporkan enam masyarakat sipil tewas diberondong oleh aparat keamanan.

Editor: Surya