Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Bentuk Tim Gerak Cepat Atasi Kejadian Luar Biasa
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 30-08-2019 | 11:16 WIB
tj-bentuk-tim.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dr H Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Kesehatan Kepri. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemprov Kepri membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) untuk mengatasi kejadian luar biasa (KLB), atas penyakit yang berpotensi mewabah.

Diharapkan TGC ini dapat memutus mata rantai penyakit saat ditetapkan sebagai KLB. "Jadi tim gerak cepat ini dimaksudkan adalah, semua kabupaten dan kota mempersiapkan sumber daya manusia ketika terjadi kejadian luar biasa terhadap penyakit yang berpotensi wabah. Contohnya demam berdarah, malaria," jelas Dr H Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Rabu (28/8/2019) seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Tanpa TGC, dikhawatirkan akan timbul kelalaian karena saling menunggu instruksi. Sementara penyakit yang berpotensi mewabah, tidak dapat ditunda-tunda penanganannya.

Begitu ada informasi kejadian dan sedikit saja peningkatan kasus, harus segera bereaksi memutus mata rantai.

Selama ini telah ada SOP (standard operating procedure) untuk menangani KLB. Juga beberapa kabupaten dan kota telah membentuk TGC.

"Cuma harus di-update. Pada umumnya tim tersebut mutasi jabatan, pindah tempat tugas. Kalau tidak di-update maka akibatnya khawatir saling menunggu instruksi," tambah Tjetjep.

Cikal bakal pembentukan tim ini sudah menggelar rapat. Terdiri dari beberapa instansi yang akan bergerak sesuai tugas pokok masing-masing, saat ditetapkan kasus KLB. Mulai dari Dinas Kesehatan Kepri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Sosial Kepri hingga Dinas Kominfo Kepri.

Tim akan bahu membahu memutus mata rantai penyakit yang berpotensi wabah, saat ditetapkan sebagai KLB. Termasuk menginformasikan kepada masyarakat tentang penyakit tersebut, melalui Dinas Kominfo Kepri.

Pada 3 September mendatang cikal bakal TGC akan kembali menggelar rapat di gedung Kepri Smart Province (KSP). Untuk mematangkan susunan tim, serta tugas pokok yang harus dijalankan saat KLB.

Editor: Gokli