Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Camat Singkep Motivasi Masyarakat Manfaatkan Perkarangan Rumah Tanam Toga
Oleh : Wandy
Selasa | 27-08-2019 | 09:52 WIB
008112_camatsingkep_julita001.jpg Honda-Batam
Camat Singkep Julita. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Tanaman obat keluarga (Toga) merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Masyarakat dapat memanfaatkan perkarangan rumah sebagai lahan untuk menanam toga.

Ide tersebut muncul dari Camat Singkep Julita untuk memotivasi masyarakat Dabo khususnya dalam memanfaatkan perkarangan rumah menjadi suatu yang bermanfaat untuk kesehatan.

"Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi masyarakat khususnya Kecamatan Singkep untuk memiliki aktifitas dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah. Karena disamping kita mengerti manfaatnya juga bisa mendorong perekonomian masyarakat," kata Camat Singkep Julita, kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (27/8/2019)

Dia juga menjelaskan, untuk jenis tanaman obat keluarga tersebut salah satunya seperti jahe, kunyit, serai, dan lempuyang.

"Yang jelas ini untuk kebutuhan rumah tangga bahkan sudah ada tanaman yang diperjual belikan dipasar seperti jahe dan kunyit," jelasnya.

Meski disisa masa akhir jabatannya sebagai Camat Singkep, Julita akan berupaya membantu masyarakat dalam mewujudkan harapan-harapan dari masyarakat salah satunya dengan tanaman obat keluarga.

"Meski belum semuanya melakukan penanaman obat keluarga namun saya yakin kegiatan seperti ini akan terus berkembang. Sebab efeknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena selain mereka menanam tanam obat mereka juga bisa menanam sayur-sayuran," ujarnya.

Editor: Chandra