PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BC Batam Gagalkan Penyelundupan Puluhan Handphone Seken Melalui Pelabuhan Sekupang
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 24-08-2019 | 17:04 WIB
BC-tegah-ponsel1.jpg honda-batam
Petugas BC Batam saat penegahan ponsel seken di Pelabuhan Sekupang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Bea dan Cukai Batam berhasil menegah penyelundupan 78 unit handphone seken menggunakan kapal Dumai Expres 12 di Pelabuhan Domestik Sekupang, Sabtu (24/8/2019) pagi.

Informasi yang dihimpun, puluhan handphone bekas yang berhasil diamankan dari berbagai merk seperti Oppo, Samsung hingga iphone. Penegahan yang dilakukan oleh petugas, berhasil diamankan setelah adanya informasi yang diterima oleh petugas mengenai aktivitas pengiriman handphone tanpa dokumen ini ke luar wilayah Kota Batam.

Asmadi, Humas Dumai Line membenarkan hal itu. Ia menjelaskan bahwa keberadaan handphone seken yang diamankan oleh petugas merupakan barang titipan dari porter Pelabuhan Domestik Sekupang. Diduga keberadaan barang bekas tersebut, diselundupkan ke dalam unit kapal pada malam hari.

"Barang itu masuk malam, pemiliknya tidak tahu," ungkapnya, Sabtu (24/8/2019).

Ahmadi melanjutkan, penegahan sendiri dilakukan oleh petugas sesaat sebelum kapal diberangkatkan.

"Sebelumnya, petugas telah berkoordinasi dengan kami sebelum menghentikan kapal sebelum berangkat. Kemudian dilakukan pengecekan, dan benar saja ada ponsel yang ditemukan di atas kapal," lanjutnya.

Walau tidak mengetahui jumlah pastinya, namun ia sempat menerangkan, bahwa petugas setidaknya mengamankan sekitar 78 unit handphone. Pihaknya juga sempat melakukan pemeriksaan terhadap AR, salah satu pegawai kapal sebelum akhirnya dilepaskan oleh petugas.

Hingga berita ini di publish, upaya konfirmasi terhadap pihak Bea Cukai Batam melalui sambungan telepon belum mendapatkan jawaban.

Editor: Yudha