PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Objek Wisata Alam di Malaysia yang Wajib Dikunjungi Bersama Anak
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-08-2019 | 19:40 WIB
wisata-malaysia1.jpg honda-batam
Objek wisata di Malaysia. (Foto: Istimewa)

Berwisata ke Malaysia tidak melulu harus mengunjungi kota besar beserta hiburan modern di dalamnya. Jika berlibur dengan si kecil, sudah saatnya kamu menjajal wisata alam yang dikelola dengan baik agar semakin berkesan di hati.

Liburan bersama si kecil apalagi ke luar negeri dengan menikmati pemandangan alam bisa menjadi kenangan manis yang tak terlupakan. Nyatanya, di Malaysia kamu bisa menemukan banyak objek wisata menarik yang bisa dinikmati bersama si kecil. Selain memberikan pengalaman baru, objek wisata ini juga sangat mudah dijangkau terutama jika kamu menggunakan maskapai malaysia airlines. Yuk, siapkan koper, mulai packing, dan kunjungi 5 tempat di bawah ini bersama si kecil agar tercipta kenangan yang tidak terlupakan.

1. Kuala Lumpur Bird Park (Taman Burung KL)
Tempat pertama yang wajib kamu datangi bersama si kecil adalah Taman Burung KL atau yang juga dikenal sebagai Kuala Lumpur Bird Park oleh para turis. Di taman burung ini, si kecil bisa melihat lebih dari 3.000 ekor burung yang terdiri atas spesies lokal dan spesies luar Malaysia.

Satu keunikan dari Kuala Lumpur Bird Park yang akan memberikan kesan mendalam untuk anak-anak adalah sistem perawatan dan pemeliharaannya yang mengikuti habitat asli. Semua burung dan unggas yang ada di sini dibiarkan terbang bebas dan hidup sesuai habitat masing-masing. Sehingga, si kecil bisa berpapasan langsung dengan bebek, burung unta, burung merak, hingga melihat burung elang dengan mata kepala sendiri. Pertunjukan burung juga dibuka setiap hari dari siang hingga sore. Kuala Lumpur Bird Park yang hanya berjarak sekitar 10 menit dari Kuala Lumpur ini dapat dikunjungi hanya dengan tiket masuk seharga 29--39 ringgit.

2. Batu Caves
Jika kamu berencana mengunjungi negara bagian Selangor, jangan lupa untuk menyambangi Batu Caves atau Gua Batu. Sebagai tempat wisata populer yang juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu, Batu Caves dikenal karena memiliki patung Dewa Murugan berlapis emas dengan tinggi 42.7 meter. Tidak hanya itu, tangga curam yang berjumlah 272 anak tangga juga menjadi spot ikonik yang pasti akan membuat si kecil takjub.

Selain terdapat patung emas Dewa Murugan, Batu Caves yang merupakan gua batu kapur juga memiliki 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Di sekitar area gua dan anak tangga, kamu akan melihat banyak monyet berkeliaran. Meski terlihat lucu, pastikan si kecil tidak terlalu dekat dengan monyet-monyet ini karena monyet yang mendiami Batu Caves terkenal cukup agresif dan tidak ragu untuk menghampiri hingga mengambil makanan para wisatawan.

3. The Habitat Penang Hill
Jika tujuanmu berwisata ke Malaysia adalah untuk mengenalkan hutan dan keindahan alam pada si kecil, The Habitat Penang Hill bisa menjadi tujuan yang sempurna. Sebagai objek wisata edukatif, The Habitat Penang Hill menyuguhkan panorama hutan, keindahan ragam flora, serta pemandangan laut yang menakjubkan.

Satu bangunan ikonik dari area wisata ini adalah Canopy Walk yang memiliki panjang 230 meter dengan ketinggian 40 meter dari tanah hutan. Berbentuk melingkar dengan ukuran sangat besar, Canopy Walk dibangun dengan teknik tree friendly yang berarti sama sekali tidak merusak pepohonan di sekitarnya. Kamu dan si kecil juga bisa menjajal area wahana lain yang tidak kalah menarik seperti Fragrance Garden, Butterfly Bank, dan The Red Garden.

4. Zoo Negara
Indonesia memiliki Ragunan, Malaysia punya Zoo Negara atau National Zoo sebagai kebun binatang kebanggaan yang dikelola langsung oleh pemerintah Malaysia. Di sini, kamu dan si kecil bisa melihat lebih dari 5.500 kewan dari sekitar 400 spesies yang berbeda.

Dari sekian banyak hewan yang dirawat di dalam Zoo Negara, panda raksasa yang berasal dari Tiongkok menjadi primadona di kalangan pengunjung sehingga sayang untuk kamu lewatkan. Jika kamu dan si kecil terlalu lelah untuk menjelajah seluruh area Zoo Negara, kamu bisa memanfaatkan trem yang berkeliling komplek kebun binatang mulai dari pagi hingga sore.

5. Garama Proboscis Monkey Sanctuary
Jika si kecil senang berpetualang dengan gaya yang lebih lepas, kamu bisa mengunjungi Garama Proboscis Monkey Sanctuary yang berlokasi di sepanjang sungai Garama untuk melihat bekantan yang hidup di habitat asli. Kamu hanya perlu naik perahu sambil membawa binokular untuk melihat langsung bekantan dan monyet liar yang beraksi di atas pohon, berayun dari satu dahan ke dahan lain, hingga duduk di area khusus.

Waktu tempuh saat naik perahu untuk menikmati pemandangan di sepanjang Sungai Garama adalah 2 jam. Di sepanjang perjalanan, kamu dan si kecil akan disuguhkan dengan indahnya hutan hujan tropis dan berbagai fauna yang berdiam di sana. Tidak hanya itu, jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan matahari tenggelam lewat rest area yang disediakan pengelola untuk para pengunjung.

Berwisata dengan anak sangat menyenangkan karena dapat menciptakan bonding yang lebih kuat setelahnya. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar liburan terasa berkesan di hati si kecil, ya. Selamat berlibur!

Editor: Yudha