PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melalui Program DAK Afirmasi

Dinkes Anambas Usulkan Pembangunan Puskesmas di Siantan Utara dan Jemaja Barat
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 15-08-2019 | 13:28 WIB
puskes-di-anambas.jpg honda-batam
Puskesmas di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas usulkan pembangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Siantan Utara dan Jemaja Barat ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui program dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi.

"Kita sudah ajukan untuk pembangunan Puskesmas di Kecamatan Siantan Utara dan Jemaja Barat, dan saat ini masih proses di Kemenkes. Mudah-mudahan bisa terealisasi tahun 2020 mendatang," ujar Kepala Dinkes PPKB Anambas, Herianto, Kamis (15/8/2019).

Terkait dengan tenaga medis dan alat kesehatan, Heri menerangkan akan menyisip dari Puskesmas yang ada di Anambas, dan menyelaraskan kuota pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Tenaga medis akan kita sisip, dan kalau ada penerimaan CPNS akan kita plot di Puskesmas Siantan Utara dan Jemaja Barat. Terkait alkes, itu sudah sepaket dengan program DAK Afirmasi," terangnya.

Herianto menyinggung program yang sudah lolos di Kemenkes untuk tahun 2020 yaitu pembangunan Puskesmas Siantan sebesar Rp 10,9 miliar beserta alat kesehatan. Menurutnya, program DAK Afirmasi agar seluruh Puskesmas satu tipe.

"6 Puskesmas sudah dibangun melalui DAK Afirmasi. Menyusul di Puskesmas Siantan, kemudian Siantan Utara dan Jemaja Barat. Memang tujuan dari DAK Afirmasi ini agar seluruh Puskesmas satu tipe," terangnya.

Seperti diketahui, Operasional Kecamatan Jemaja Barat sudah diresmikan pada 2 Juli 2019, dan Siantan Utara diresmikan 3 Juli 2019. Saat ini hanya aparatur kecamatan yang beroperasi, dan belum didukung oleh infrastruktur kesehatan dan tenaga medis.

Editor: Gokli