Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Pergantian Anggota Satgas

Ical dan Gayus Sepakat Sebagian
Oleh : Taufik/Tunggul Naibaho
Rabu | 26-01-2011 | 00:35 WIB

Jakarta, batamtoday - Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dan terpidana kasus mafia pajak Gayus Tambunan, sepakat sebagian dalam soal pergantian anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

Ical meminta semua anggota Satgas diganti, sedang Gayus menilai cukup Sekretaris Satgas saja yang diganti yaitu, Denny Indrayana yang diganti.

Ical menilai Satgas telah telah  bertindak di luar tugasnya, sehingga mengusulkan semua anggotanya diganti, sedangkan Gayus berpendapat Satgas sudah bekerja dengan baik, hanya Denny yang dinilainya buruk.

"Satgas itu baik, Denny yang nggak baik," kata Gayus Tambunan seusai memberikan kesaksian dalam sidang kode etik AKP Sri Sumartini di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Rabu malam, 26 Januari 2011.

"Denny saja yang diganti." kata Gayus lagi. Menurut dia, Denny telah berkerja bukan untuk pemberantasan mafia hukum, tetapi bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri, tanpa merinci kepentingan pribadi seperti apa yang dimaksudnya.

Penilaian buruk gayus atas Denny setidaknya terfokus pada dua hal, pertama, soal lancangnya Denny yang menelpon secara langsung istri Gayus, Milana, tanpa memberitahukan dirinya. Dalam hubugan telepon tersebut, Denny dinilai telah mengintimidasi Milana untuk menceritakan adanya pertemuan Gayus dengan Aburizal Bakrie di Bali.

Kedua, Satgas (Denny, red) dinilai telah membuat kacau rencana Gayus untuk mengungkap kasus mafia pajak yang lebih besar di Ditjen Pajak dan institusi lainya.. Denny dinilainya membuat semua rencana itu menjadi kacau, dan malah membuat dirinya seakan-akan penjahat nomor satu di Indonesia.