Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSAB Batam Harapkan Pemko Sediakan Jalur Khusus Sepeda
Oleh : Nando Sirait
Senin | 05-08-2019 | 14:52 WIB
pengobatan-atlet-sepeda.JPG Honda-Batam
Dokter Sport Clinic RSAB Batam saat memperagakan proses pengobatan untuk para atlet kepada anggota komunitas sepeda Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai upaya dalam mendukung program Pemerintah Daerah, yang memimpikan Batam menjadi salah satu kota yang mengusung konsep Green City.

Untuk itu, Direktur Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, dr Widya Putri mengharapkan, agar Walikota Batam, Muhammad Rudi juga menggalakkan pembangunan jalur khusus sepeda, di setiap proyek pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Selain bergerak di bidang pelayanan kesehatan, Widya juga menuturkan bahwa RSAB juga memiliki tanggung jawab dalam mendukung setiap program yang dibuat dicanangkan oleh Pemda. Salah satunya adalah pembentukan komunitas sepeda, dan juga menyediakan lahan parkir khusus bagi para pengguna sepeda yang datang ke RSAB.

"Ini kan pembangunan jalan terus digalakkan, ada baiknya pak Wali juga membuat jalur khusus sepeda. Karena kita sama - sama tahu di jalan itu, para pengguna sepeda selalu berebut dengan pengguna kendaraan lain. Kami ingin mengusulkan seperti di Jogjakarta itu dibuatkan jalan khusus pesepeda," tuturnya, Senin (5/8/2019).

Adapun pernyataan tersebut dilontarkan nya setelah pada Minggu (4/8/2019) kemarin, pihak RSAB Batam menggelar Gowes yang diikuti oleh berbagai komunitas sepeda yang ada di Batam. Dalam kegiatan yang bertujuan menyemarakkan HUT RI ke - 74 ini, Widya mengaku pihaknya mengambil rute sejauh 17 km.

"Dari sini kami sadari para peserta kemarin, selalu bersaing dengan para pengguna kendaraan lain. Selain membahayakan, hal ini sebagai bentuk hilangnya hak para pengguna sepeda di Kota Batam," lanjutnya.

Selain kegiatan gowes, pihaknya juga kembali memperkenalkan klinik sport yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

"Selain jalin Silahturahmi dengan komunitas sepeda, sekaligus menciptakan lingkungan sehat dan perkenalkan sport clinic ke masyarakat. Kami ingin Awal Bros itu bukan cuma jadi tempat mengobati masyarakat tapi juga mengajak bagaimana masyarakat bisa menjaga kesehatannya, mencegah mereka sakit," ujarnya.

Walau begitu, secara pribadi Widya mengaku saat ini hanya mengharapkan agar Pemko Batam dapat merealisasikan mengenai wacana jalur khusus bagi para pesepeda di Kota Batam. Nantinya hal ini akan dibarengi dengan sosialisasi mengenai pentingnya berolahraga dengan cara yang mudah, yang akan dilakukan oleh seluruh komunitas sepeda dan RSAB Batam.

Editor: Dardani