Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerap Beraksi di Kawasan Mall

Polsek Lubukbaja Ringkus Pelaku Pencurian Spesialis Congkel Mobil di Batam
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 03-08-2019 | 12:52 WIB
congkel-mobil.jpg Honda-Batam
Polsek Lubukbaja saat menggelar press rilis pengungkapan pelaku congkel mobil di Batam. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pelaku pencurian spesialis congkel mobil diringkus Polsek Lubukbaja. Pelaku berinisial R ini, kerap berkasi di kawasan mall yang ada di Batam.

Dalam beraksi, R selalu bersama dengan rekannya berinisial Ri yang kini masih diburu (DPO). Pelaku sudah beraksi di berbagai lokasi di wilayah Batam.

"Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan polisi yang dibuat korban. Kejadiannya di parkiran Grand Mall Batam, Sabtu (27/7/2019) lalu," ujar Kapolsek Lubukbaja, Kompol Yunita Stevani, Jumat (2/8/2019).

Dijelaskan Yunita, dalam kejadian yang dibuat korban, pelaku mencongkel mobil Honda Brio menggunakan alat berupa kunci L, dan berhasil membawa kabur satu unit kamera dan power bank.

Dari laporan korban, pihaknya melakukan penyelidikan dan mengetahui keberadaan pelaku. Ia dibekuk di Komplek Windsor Square, Selasa (30/7/2019) kemarin. "Hasil pemeriksaan, pelaku bertugas sebagai pengemudi. Sementara rekannya yang bertugas mencongkel mobil," jelas Yunita, didampingi Kanit Reskrimnya, Ipada Haris Baltasar Nasution.

Pengakuan tersangka, mereka sudah beraksi di dalam kawasan Kepri Mall, BCS Mall, Harbour Bay Mall, dan tarakhir di Grand Mall.

"Pelaku ini memang mencari sasaran yang mudah untuk dibobol, dan mereka mengetahui caranya agar alarm tidak berbunyi," beber Yunita.

Untuk pelaku sendiri, saat ini masih menjalani pemeriksaan. Ia dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam 7 tahun penjara.

Editor: Gokli