Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Curanmor di Sagulung Bisa Gasak 5 Motor dalam Sehari
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 01-08-2019 | 08:28 WIB
ekpose-ranmor.jpg Honda-Batam
Rian selalu eksekutor saat memperagakan aksinya dalam mencuri motor di halaman depan Mapolsek Sagulung. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otak komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor yang berhasil diamankan polisi, Rian, mengaku dalam sehari komplotannya mampu menggasak 5 unit sepeda motor.

Hal itu terungkap saat gala ekspose di Mapolsek Sagulung, Rabu (31/7/2019). "Paling banyak dalam 1 hari, selama 2 bulan setengah melancarkan aksi mereka, bisa gasak 5 unit kendaraan bermotor," jelas Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto.

Dalam melancarkan aksinya, 4 komplotan ini hanya dilengkapi peralatan standar layaknya maling motor pada umumnya. Di antaranya adalah gerinda, kunci, serta obeng beragam tipe.

Namun, mereka telah mahir dalam melakukan aksinya. Bahkan, Rian sang otak komplotan, hanya butuh waktu 15 menit untuk membobol 1 unit sepeda motor.

Kebanyakan dari sepeda motor yang mereka intai adalah motor matic dan Satria F, karena untuk dua jenis kendaraan ini lebih mudah untuk dibobol.

Aksi 4 komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor ini akhirnya berhasil dihentikan Polsek Sagulung, dan kempatnya dibekuk pada Sabtu (14/7/2019) lalu.

Rian selaku eksekutor utama diamankan pihak kepolisian di rumah kontrakannya, Perumahan Medio Raya, Kelurahan Tembesi. Sementara Rachel, kekasihnya, yang beperan selaku driver mobil dalam membantu melancarkan aksi kekasihnya, diamankan di sebuah hotel di kawasan Batuaji.

Lalu untuk pasangan suami-istri, Koko dan Yus, yang beperan sebagai pembawa kendaraan yang telah berhasil dibobol Rian, ditangkap di rumah mereka di kawasan Kampung Jabi, Nongsa.

Hingga saat ini, mereka harus berurusan dengan pihak kepolisian. Dua orang pelaku atas nama Rian dan Koko sebelumnya pernah mengenyam hotel prodeo atau residifis kasur ranmor dan jambret.

Editor: Chandra