Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Durasi Tidur Ideal dalam Sehari
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-07-2019 | 19:16 WIB
tidur14.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebuah laporan menunjukkan bahwa makin banyak orang di Amerika Serikat kurang tidur. Salah satu penyebabnya adalah media sosial. Sebagian besar orang membawa ponsel ke tempat tidur lalu berselancar hingga larut malam.

Padahal, tidur itu penting bagi manusia. Tidur, pada dasarnya bertindak sebagai pit-stop untuk mengisi ulang tenaga dan istirahat, demikian seperti dilansir Medical Daily.

Saat tidur, otak akan membersihkan memori-memori buruk, hormon pertumbuhan meningkat, dan sistem tubuh pun memperbaiki diri untuk memastikan Anda siap beraktivitas keesokan harinya.

Jadi, berapa lama tidur yang benar-benar dibutuhkan untuk tidak mengganggu proses itu? National Sleep Foundation pada 2015 merekomendasikan setidaknya antara tujuh hingga sembilan jam untuk tidur terutama untuk mereka yang berusia 18-64 tahun.

Rekomendasi itu dibuat berdasarkan ribuan makalah penelitian yang diterbitkan yang mempelajari hubungan tidur dan kesehatan.

Ketika Anda tidak dapat tidur selama waktu yang direkomendasikan itu, maka ada potensi masalah kesehatan muncul. Misalnya, mereka yang tidur kurang dari tujuh jam memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas, diabetes, atau bahkan penyakit kardiovaskular.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha