Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Kargo Korea Selatan Dibajak di Selat Singapura
Oleh : Redaksi/Putra Gema Pamungkas
Senin | 22-07-2019 | 14:28 WIB
ilustrasi-kapal-tanker.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustasi kapal kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor. (Foto: Republika)

BATAMTODAY.COM, Seoul - Kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap melaporkan kapal kargo berbendera Korsel dibajak. Pembajakan tersebut dilakukan di Selat Singapura pada Senin (22/7/2019) pagi.

Pembajakan tersebut membuat kapal kehilangan ribuan dolar AS dalam bentuk tunai. Polisi Singapura yang mengawasi pantai negara itu belum menanggapi komentar atas peristiwa ini.

Dengan kebijakan yang keras dalam beberapa tahun terakhir pembajakan di jalur sibuk Selat Singapura itu sudah sempat menurun. Jalur tersebut dikelola oleh Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Namun, Yonhap melaporkan tujuh orang pembajak membajak kapal CK BlueBell. Para perompak yang menggunakan speedboat itu menyerang sebelum fajar tiba.

Beberapa orang kru kapal terluka. Pada 2014, majalah Time menyebut Selat Malaka dan Selat Singapura menjadi salah satu perairan yang paling berbahaya di dunia.

Time menyebutkan dalam kajian yang dilakukan One Earth Future Foundation pada 2010 setiap tahun pembajakan menguras 7 sampai 12 miliar dolar AS perekonomian internasional. Sejak 2014, ketiga negara yang mengelola jalur tersebut memperkuat kebijakan mereka di sana.

Namun, pembajakan semakin terorganisir dan menggunakan persenjataan berat. Mereka fokus pada kapal kargo dan tanker yang keluar dari Selat Malaka dan Singapura menunju Laut Cina Selatan.

Sementara itu, ketika BATAMTODAY.COM mengkonfirmasi peristiwa pembajakan ini, Kadispen Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor (Mar) Saul Jamllay mengaku masih akan mendalaminya. "Sebentar ya bang, saya konfirmasi, karena saya juga baru dapat infonya," ujarnya.

Sumber: Rapublika
Editor: Dardani