Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simak Cara Ampuh Hiangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih secara Cepat dan Alami
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 12-07-2019 | 08:40 WIB
bau-badan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Apakah Anda memiliki bau badan yang tidak sedap? Bau badan yang tidak sedap dan menyengat pasti akan mengganggu aktivitas Anda. Dan juga akan mengurangi rasa percaya diri Anda selain itu masih banyak lagi hal negatif lainnya akibat memiliki bau badan tidak sedap dan menyengat. Sebenarnya bau badan tidak sedap mungkin saja merupakan pertanda kesehatan tubuh Anda sedang terganggu.

Andaikan bukan Anda yang memiliki aroma bau badan tidak sedap dan menyengat namun orang terdekat Anda? Pastinya tidak nyaman bila berdekatan dengan seseorang yang memiliki bau badan tidak sedap dan menyengat. Apa jadinya jika Anda sendiri memiliki bau badan yang tidak sedap dan menyengat tanpa Anda sadari? Iya seringkali kita tidak sadar. Sebabnya kita sudah terbiasa dengan bau badan kita, jadi kita menganggapnya baik-baik saja. Padahal bagi orang lain hal itu tidak baik.

Apa saja penyebab bau badan menjadi tidak sedap dan menyengat? Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau badan secara permanen?

Penyebab timbulnya bau badan adalah kelenjar keringat. Tubuh kita memiliki kelenjar keringat. Biasanya, memang keringat tidak berbau. Tapi jika keringat melekat terlalu lama apalagi sampai berjam-jam pada kulit, hal ini akan menimbulkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri yang memang secara alamiah ada pada kulit bisa berkembang biak dengan cepat sehingga menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap.

Kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang berbau. Sedangkan keringat dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar apokrin dan kelenjar accrine. Kelenjar accrine adalah tempat produksi kelenjar bening dan tidak berbau sejak kita masih bayi. Biasanya ada di dahi, punggung dan tangan. Kelenjar accrine memproduksi keringat yang bermanfaat untuk menurunkan suhu badan pada waktu tertentu.

Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini terletak jauh di dalam kulit. Umumnya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh yaitu ketiak. Kebanyakan ada pada ketiak, karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Karena itu akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin ini mulai aktif setelah masa pubertas.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa penyebab bau badan tidak sedap dan menyengat, Ayo kita langsung saja membaca cara menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat di bawah ini.

Cara menghilangkan bau badan tak sedap secara alami
Mungkin Anda merasa tidak percaya diri karena orang-orang mengatakan bahwa tubuh Anda berbau tidak sedap dan menyengat? Jangan cemas dan kuatir, ada banyak cara untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat yang menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri.

Cara menghilangkan bau badan dengan ramuan tradisional

1. Bunga rosemary
Bunga rosemary juga merupakan satu jenis tumbuhan yang mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan. Selain bisa digunakan sebagai bahan herbal, bunga rosemary juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif. Ada dua cara mengaplikasikan rosemary sebagai penghilang bau badan :

Yang Pertama: dengan cara mengoleskan langsung minyak esensial rosemary pada ketiak.

Yang kedua:
Campur air rebusan bunga rosemary ke dalam bak mandi.
Lalu gunakan untuk mandi setiap hari.
Cara menghilangkan bau badan dengan pola hidup sehat.

2. Cuka apel
Dalam buah apel terdapat asam tartar yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan dalam cuka apel terdapat asam asetat. Asam asetat berguna sebagai antimikroba.

Caranya :
Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak.
Diamkan selama 15 menit lalu bilas.
Setelah itu Anda mandi.
Gunakan setiap sebelum mandi.

3. Baking soda
Biasanya baking soda digunakan sebagai bahan untuk membuat kue. Ternyata baking soda juga dipercaya khasiatnya sebagai penghilang bau badan karena kemampuannya untuk menyerap keringat dan membantu bakteri penyebab bau badan.

Caranya adalah :
Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada ketiak.
Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
Lakukan sehari sekali secara rutin.

4. Daun jambu biji
Selain buahnya bisa dimakan, ternyata daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau badan. Daun jambu biji memiliki kandungan mineral dan anti-bakteri yang mampu membasmi kuman penyebab bau badan.

Caranya adalah :
Tumbuk halus 3 lembar daun jambu biji. lalu oleskan pada ketiak.
Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Cuka
Cuka memiliki kandungan asam yang bisa membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

Caranya :
Teteskan cuka pada kapas.
Lalu oleskan pada ketiak, gunakan sama seperti deodoran.

6. Bawang putih
Bawang putih memiliki aromanya yang sangat menyengat, hal ini membuat kita tidak suka dengan bawang putih. Zat yang membuat bau bawang putih jadi menyengat adalah kandungan senyawa sulfur yang disebut allicin. Meskipun demikian bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena mengandung banyak anti oksidan.

Untuk pemakaiannya sebagai cara penghilang bau badan adalah :
Haluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak.
Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Daun sirih
Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan. Daun sirih diyakini mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit karena banyaknya kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya. Yaitu: niacin, Vitamin C, karoten, tiamin dan riboflavin. Daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya:
Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi.
Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut.
Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

8. Daun beluntas
Daun beluntas adalah tanaman kecil yang banyak ditemukan dan sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas adalah tanaman liar yang mampu tumbuh dengan sendirinya walaupun tanpa dirawat. Tanaman ini kaya akan senyawa yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Yaitu : vitamin C, vitamin A, asam amino, natrium, falovonoid, lemak, tanin, kalsium, magnesium, alkaloid, minyak atsiri dan fosfor.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini :
Rebus daun beluntas hingga matang.
Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari.

9. Daun kemangi
Daun kemangi juga mengandung minyak atsiri yang dipercaya khasiatnya mampu untuk menghilangkan bau badan. Dan juga kemangi berguna sebagai antiseptik.

Caranya :
Anda cukup memakannya sebagai lalapan.
Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore.

Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh. Caranya :

Jemur daun kemangi hingga kering.
Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring.
Minum 2 kali sehari secara rutin.

10. Temulawak
Minyak atsiri, sapomin dan flavoinoida yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan juga terdapat pada temulawak.

Untuk menghilangkan bau badan menggunakan temulawak caranya adalah :
Parut temulawak sampai halus.
Kemudian beri air sembari diperas.
Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya.
Minum air perasan temulawak tersebut.

11. Bunga kecombrang
Selain daun sirih, ternyata bunga kecombrang juga mengandung banyak antioksidan dan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh yaitu: vitamin, mineral, polifenol, antimikroba, glikosa, streoid, tanin, triterpenoid, flavonida, alkaloid, saponin, fenolik.

Zat-zat dia atas bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

Yang perlu Anda lakukan adalah :

Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh.
Gunakan setiap kali Anda mandi.

12. Jeruk purut
Jeruk purut adalah buah yang kaya akan manfaat. Walaupun bersifat asam, jeruk purut memiliki banyak zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Antara lain: vitamin A, vitamin C, sodium, kalori, zat besi, kalsium, gula, karbohidrat.

Caranya:
Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan gelas air.
Minum 2 kali sehari secara rutin.

13. Jeruk nipis
Selain buah jenis jeruk purut yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jeruk nipis juga banyak manfaatnya. Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid dan vitamin C. Juga mengandung: serat, kalori, kalsium, macronutrients, tembaga, kalium, asam sitrat dan besi. Anda bisa mencoba buah ini sebagai solusi dan cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:
Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

14. Jahe
Ternyata pada jahe juga terdapat kandungan: gingerol, filandrena, kurkumen, resin pahit, zingiberol, bisabolena dan minyak atsiri. Seperti yang sudah sering dijelaskan di atas minyak atsiri sangat bermanfaat sebagai penghilang bau badan. Dengan meminum wedang jahe sehari sekali secara rutin akan membantu untuk menghilangkan bau badan.

15. Mentimun
Mentimun mengandung 95 persen kadar air. Juga terdapat banyak zat-zat yaitu: seng, tembaga, zat besi, fosfor, asam pantotenat, B-6, folat, thiamin, riboflavin, kalsium, vitamin K, vitamin C, magnesium, vitamin A, kalium dan mangan.

Caranya :
Anda hanya perlu menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak.
Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

16. Cengkeh
Cengkeh adalah ramuan tradisional lainnya yang juga mengandung minyak atsiri. Hal yang perlu Anda lakukan adalah:
Rendam bunga cengkeh dalam air panas hingga bunga mengembang.
Lalu minum airnya.
Minum 2 kali sehari secara rutin, niscaya bau badan Anda akan menghilang.

17. Mandi 2 kali sehari
Apakah Anda termasuk orang yang malas dan jarang mandi? Sebaiknya ubahlah kebiasaan ini dan jangan diteruskan. Kebiasaan tersebut akan membuat bakteri penyebab bau badan menjadi semakin berkembang biak dan tak terkendali. Dengan rutin mandi 2 kali sehari, akan efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

18. Hindari makanan penyebab bau badan
Selain menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari. Anda juga harus mengatur apa saja makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bakteri penyebab bau badan berkembang cepat. Apa saja jenis makanan yang menjadi penyebab bau badan, yaitu: kafein, daging merah, tembakau, alkohol dan makanan cepat saji.

19. Mengonsumsi buah-buahan
Sudah sangat jelas dan terbukti bahwa buah-buahan memang menyehatkan dan berguna bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh akan berfungsi dengan baik dan sempurna sehingga akan mampu untuk membuang lemak yang tertimbun, sehingga akan mencegah penambahan berat badan dan masalah bau badan.

20. Mengonsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung banyak klorofil yang berguna untuk menghilangkan bau badan, karena dapat berfungsi sebagai deodorant alami.

21. Rajin minum air putih
Air mineral akan membantu proses berkeringat pada tubuh menjadi semakin lancar. Bila tubuh berkeringat dengan lancar, maka bakteri yang ada pada pori-pori kulit juga akan terbuang keluar dari tubuh. Biasakan untuk rajin minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

22. Pakai pakaian yang dapat menyerap keringat
Apakah Anda merasa malas menyeka keringat yang keluar? Gunakanlah pakaian dengan bahan kain yang mampu menyerap keringat dengan baik. Tujuannya agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian dengan bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik. Tapi ingatlah untuk mencuci pakaian dengan bersih setelah menggunakannya.

23. Ganti pakaian secara rutin
Apakah Anda malas mengganti pakaian agar cucian tidak menumpuk? Ternyata hal itu salah besar. Bila Anda semakin jarang mengganti pakaian maka bakteri yang bersarang pada kulit akan menempel pada pakaian tersebut dan akan berkembang biak dengan cepat.

24. Cuci pakaian dengan bersih
Entah itu pakaian yang baru saja Anda beli atau pakaian yang sudah kotor, Anda harus mencucinya dengan bersih untuk membasmi bakteri maupun virus yang ada pada pakaian tersebut.

25. Menyeka keringat dengan segera dan sering
Karena keringat yang berlebihan dan menumpuk bisa menyebabkan bakteri semakin banyak berkembang biak pada tubuh Anda. Sebab itu bila Anda berkeringat, segera seka keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit, dan seringlah melakukannya.

26. Rajin olahraga
Dengan melakukan olahraga akan menyebabkan tubuh Anda berkeringat. Tapi dengan berolahraga keringat yang keluar juga akan membuang kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori kulit Anda.

Cara menghilangkan bau badan secara medis

27. Menggunakan antiperspirant
Pada anti perspirant terdapat bahan aktif yaitu zat alumunium yang mampu untuk menghambat keluarnya keringat. Aplikasikan pada ketiak, sebelum Anda beraktivitas.

28. Menggunakan bedak
Ada banyak jenis bedak yang dapat digunakan untuk mencegah keluarnya keringat pada kulit. Anda juga bisa menggunakan bedak bayi yang cukup manjur untuk mencegah keluarnya keringat. Bedak juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau badan pada anak.

29. Menggunakan deodoran
Walaupun menggunakan deodoran tidak dapat mengurangi keluarnya keringat yang berlebihan, namun deodoran berguna untuk mencegah munculnya bau badan. Gunakanlah deodoran sebelum beraktivitas.

30. Konsultasi dengan dokter
Apabila Anda telah mencoba semua cara yang telah dipaparkan di atas, namun ternyata masih belum bisa menghilangkan bau badan Anda, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar Anda bisa segera mengetahui dan mengatasi penyebab bau badan serta cara menghilangkan bau badan yang efektif, sehingga bau badan Anda akan segera menghilang.

Semoga bermanfaat.

Sumber: fimela.com
Editor: Chandra