PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Volume Sampah Meningkat 30 Persen Selama Puasa dan Lebaran
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 18-06-2019 | 08:16 WIB
sampah-lagi.jpg honda-batam
Tumpukan sampah. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam, Faisal Novrieco mengatakan, terdapat peningkatan volume sampah rumah tangga selama bulan puasa dan lebaran tahun ini.

Kendati begitu, pasca lebaran volume sampah tersebut telah mulai kembali dinormalisasikan. Truk-truk sampah telah mulai beroperasional kembali.

"Di puasa dan lebaran kemarin memang ada peningkatan volume sampahnya 30 persen," ujar Faisal, Senin (17/06/2019) siang ini, saat hadir bersama Walikota Batam, M Rudi mencek progres Masjid Agung Sultan Riayat Syah.

Faisal menjelaskan, peningkatan volume sampah selama puasa dan lebaran lebih banyak di sampah konsumsi rumah tangga.

"Pasca lebaran kita kembali menyelesaikan sampah yang masih ter-delay atau yang tidak terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," jelasnya.

Pada dasarnya Faisal menegaskan, memang terdapat peningkatan sekitar 30 persen sampah dari total harian sampah yang masuk ke TPA.

"Kalkulasi per bulan nanti saya sampaikan. Kerena bulan Juni belum kita rekap data tonase sampah per bulannya. Kita masih rekap per hari untuk bulan Juni ini," tutupnya.

Editor: Chandra