PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayo! Cari Dinosaurusmu di Dino Quest Science Center Singapore
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 15-06-2019 | 11:04 WIB
dino-sing.jpg honda-batam
Science Center Singapore (SCS), kini menghadirkan pengalaman sekaligus edukasi dalam event Dino Quest yang pertama di dunia. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Bingung menghabiskan akhir pekan bersama putra putri tercinta Anda? Science Center Singapore (SCS), kini menghadirkan pengalaman sekaligus edukasi dalam event Dino Quest yang pertama di dunia.

Dalam event ini tidak hanya bersenang-senang, Anda juga akan diajak kembali ke periode Cretaceous untuk bertemu dinosaurus Australia.

Event yang berlangsung hingga 31 Agustus mendatang ini, Anda akan diajak berkeliling dan memburu dinosaurus di tujuh zona tematik yang berbeda. Tidak hanya itu, putra putri Anda juga dapat mengeksplorasi sejarah dinosaurus di zaman tersebut.

Memasukki area event yang didesain di dalam ruangan seluas 2.000 Meter persegi, Anda akan disambut dengan film pendek yang menggunakan teknologi multi indera, yang dikembangkan oleh Digimanic Komunikasi mengenai sejarah awal penemuan fosil dinosaurus oleh Profesor Emerita Patricia Vickers-Rich.

Selain itu, guna menghadirkan pengalaman berkesan bagi putra putri Anda, Design Format juga menghadirkan penggambaran suasana yang mendalam. Hal ini juga didukung oleh Panasonic Bussines sebagai sponsor utama dalam event Dino Quest.

Sebelum memasuki zona awal, Anda akan terlebih dahulu melalui lorong waktu. Dan kemudian Anda akan mulai menemukan jenis dinosaurus di era Cretaceous, di zona pertama. Tidak hanya itu, pengunjung yang dibekali dengan senter ultraviolet juga akan diminta untuk memburu dinosaurus mereka, yang tersembunyi di masing-masing zona.

Anda juga akan dibekali dengan id card khusus yang berfungsi menyimpan data, dari jenis fosil dinosaurus yang berhasil Anda temukan di masing-masing zona.

Marketing Manager Science Center Singapore, Noor Haniza menjelaskan, adapun pelaksanaan event ini dihadirkan guna menghadirkan keajaiban bidang sains, yang memperlihatkan dinosaurus di kehidupan nyata.

"Guna mendukung hal tersebut, selain dibantu dengan berbagai teknologi yang sudah ada. Kami juga dibantu oleh teknologi multimedia terbaru, dari pemetaan holografik hingga lingkungan realitas campuran. Di mana nantinya para pengunjung akan bertemu dengan vitual palaeontolog Profesor V dan assiten nya yang bernama Rex," ujarnya, Sabtu (15/06/2019).

Tidak hanya berburu dan mengenal dinosaurus era Cretaceous, anak-anak kita juga akan selalu diingatkan mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup dan mengenai bahaya dari efek Global Warming, yang disebabkan oleh polusi dan limbah industri.

Bahaya polusi dan limbah industri itu saat ini sudah semakin mengancam, tidak hanya habitat asli dari hewan, tetapi juga akan berdampak bagi lingkungan tempat tinggal. "Tidak hanya bersenang-senang dengan seluruh teknologi ini, kita juga menekankan bagaimaba bahayanya global warming saat ini. Kita tahu pada era kemusnahan dinosaurus, hal ini disebabkan adanya bencana alam yang disebabkan oleh meteor. Namun saat ini, berbagai peristiwa bencana alam sendiri malah disebabkan oleh kita sendiri," paparnya.

Memasukki akhir zona, Anda juga akan dimanjakan dengan pameran tulang fosil dinosaurus dan juga pameran bagaimana proses pencarian fosil yang dilakukan oleh tim Profesor Emerita Patricia Vickers-Rich. Di mana di zona ini Anda dapat berpose bebas, dengan berbagai fosil dinosaurus yang telah disusun oleh tim pameran.

Di zona yang dinamakan Dinosaurus Dreaming ini, Anda dapat menemukan kerangka dinosaurus yang ditemukan di Dinosaurus Cove dari rekontruksi Timimus terbaru. Kemudian, Anda juga akan melihat kerangka Tyrannosauroid yang memiliki tinggi hingga 4 Meter.

Dari zona awal yang ditemani oleh para pemandu berpengalaman, Anda maupun putra putri tercinta Anda, juga akan diminta untuk merasakan pengalaman bagaimana cara penggalian fosil, di laboratorium yang dilengkapi berbagai alat yang biasa digunakan dalam penggalian fosil dinosaurus.

Masih kurang, di zona akhir, putra putri Anda maupun Anda sendiri yang telah menemukan fosil dinosaurus yang telah disimpan di Id Card khusus, juga akan menemukan zona aktivitas langsung, di mana dinosaurus yang telah Anda temukan dapat Anda berikan nama dan menghidupkapnya di Taman Dinosaurus Animasi Virtual.

"Jadi kami betul-betul ingin menghadirkan pengalaman berbeda bagi kita semua. Untuk tiket masuk sendiri kita banrol seharga 18 Dollar Singapura untuk dewasa, dan 15 Dollar Singapura untuk anak-anak. Kami juga hadirkan paket keluarga untuk 2 dewasa dan 2 anak, dengan hanya membayar 52 Dollar Singapura. Jadi tunggu apalagi, berburu Dino sambil belajar mengenai sejarah bersama Science Center," tutupnya.

Editor: Gokli