PKP

Jadi Bahan Perbincangan di Tahun Politik

Masyarakat Pertanyakan Titik Koordinat Jembatan Babin di Wilayah Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 10-06-2019 | 12:52 WIB
sudut-bintan-batam.jpg honda-batam
Salah satu sudu Pulau Bintan (Serikuala Lobam) yang mengarah ke Pulau Batam. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Setiap memasuki agenda politik, baik pemilu legeslatif (Pileg) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada), selalu menjadi pembahasan bahwa jembatan penyambung dua pulau yakni Batam dan Bintan, akan direalisasikan.

Padahal, hingga saat ini, titik koordinat atau tapak yang diperkirakan dengan ketinggian jembatan sekitar empat meter dari atas laut, belum diketahui untuk di Bintan.

Tak ayal, setiap ada ucapan dari para calon pejabat atau pejabat yang sedang menjabat, terkait hal tersebut, mengundang pertanyaan di benak masyarakat, khususnya Bintan.

Tokoh masyarakat Bintan, Andi Masdar Paranrengi, memyampaikan, harapan terkait kepastian rencana besar tersebut, di mana terakhir kali harapan tersebut juga pernah dihembuskan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam sebuah kesempatan di Batam.

Namun, kata Masdar, hingga saat ini belum pernah terdengar di mana titik koordinat pastinya, lahan yang akan dijadikan sebagai tempat tiang atau kaki jembatan di wilayah Bintan, apakah terletak di wilayah Kecamatan Bintan Utara atau di Serikuala Lobam?

"Iya atau tidaknya direalisasikan, hingga saat ini belum pernah terdengar di mana lokasi atau titik kaki Jembatan Babin tersebut di wilayah Bintan. Karena bisa dipastikan terealisasi, jelas semua lokasi sudah pasti titik kordinatnya, harus terjawab terlebih dahulu," kata dia, Minggu (9/6/2019).

"Semoga masarakat Bintan, segera mendapatkan jawabannya pasti di mana titik kordinat di Bintan, terkait rencana pembangunan jembatan sepanjang 6,4 Km tersebut," tambahnya.

Sekertaris daerah (Sekda) Kabupaten Bintan, Adi Prihantara, saat dipertanyakan masalah titik kordinat pasti pembangunan Jembatan Babin, yang sudah lama menjadi perbincangan masyarakat Kepri itu, setiap menjelang agenda politik sejak lama.

Adi Prihantara juga membenarkan, kalau sampai sejauh ini, titik kordinat pastinya untuk wilayah Bintan, belum diketahui pastinya. "Masih selalu ada perubahan, apakah di Desa Teluksasah, Kelurahan Tanjungpermai, Kecamatan Serikuala Lobam atau Kelurahan Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara, yang selama ini selalu disebut-sebut. Hingga saat ini, belum ada kepastian," kata Adi Prihantara.

Editor: Gokli