Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekor Baru Lionel messi

Barcelona Hempaskan Granada 5-3 di Camp Nou
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 21-03-2012 | 11:04 WIB
lionel-messi.jpg Honda-Batam

Lionel Messi. Foto:FCB.com

BARECLONA, batamtoday - Tampil di depan publik sendiri, Barcelona berhasil mempersembahkan kemenangan besar atas klub Granada 5-3. Dalam pertandingan yang dilansungkan, Rabu(21/3/2012), dini hari, Lionel Messi mencetak hatrick sekaligus menempatkan namanya di daftar pencetak gol terbanyak Blaugrana sepanjang sejarah.

Pertandingan berlansung cukup sengit, Barcelona cukup konsisten dengan menampilkan gaya sepakbola menyerang. Anak asuh Pep Guardiola cukup cekatan dalam penguasaan bola, dengan umpan-umpan pendek dan terobosan ke gawang Granada. 

Taktik tersebut terbukti jitu, baru sekitar tiga menit pertandingan berlansung, Barcelona berhasil unggul. Gol pembuka dipersembahkan Xavi Hernandes. Bermula dari umpan silang Isaac Cuenca di sektor kanan pertahanan Granada, yang kemudian diteruskan Lionel Messi dengan sundulan ke tengah kotak penalti, langsung disambut Xavi tendangan voli ke sudut kiri bawah gawang Julio Cesar.

Memasuki menit ke-17, giliran Lionel Messi yang mencatatkan namanya di papan skor. Pemain mungil ini berhasil menembus pertahanan Granada. Memanfaatkan bola umpan silang Cuenca yang mengenai pemain lawan, Messi melesatkan bola ke sudut kanan bawah gawang Granda dari tengah kotak penalti. Keunggulan 2-0 itupun bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Pada babak kedua, El Barca sempat lengah. Granada memanfaatkan kondisi tersebut, dan gol balasan pun sempat tercipta. Tepatnya pada menit ke-55, lewat tandukan Mainz di depan gawang Victor Valdes menyambut umpan silang hasil sepakan bebas Carlos Martins. Granada memperkecil kedudukan sementara menjadi 2-1. 

Tujuh menit berselang, publik Camp Nou tiba-tiba bungkam menyaksikan Granada berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan Dani Alves yang menjatuhkan Benitez di area terlarang, pengadil lapangan memberikan hadiah pinalti pada Granada. Kesempatan itupun tak disia-siakan Guillherme. Skor 2-2 pun tercipta.

Target kemenangan tak boleh lepas, Barca kembali mengintensifkan serangan mereka. Hasilnya, berselang lima menit, Barca kembali unggul berkat gol Messi. Pemain mungil ini berhasil lolos dari perangkap off-side pemain bertahan Granada, Messi  langsung men-chip bola melewati Julio Cesar memanfaatkan umpan lambung terobosan Alves.

Memasuki menit ke-81, Barca semakin memperbesar keunggulan mereka lewat gol Cristian Tello. Pemain yang masuk menggantikan Alexis Sanchez pada menit ke-72 itu melepaskan sepakan terukur ke pojok kiri bawah gawang Cesar dari tengah kotak penalti Granada memanfaatkan bola rebound sepakan Messi. Keudukan 4-2.

Empat menit berselang, Messi kembali menjauhkan Barca dari kejaran Granada dengan mencetak gol lewat sepakan dari sudut sempit memanfaatkan umpan terobosan Alves. Skor pun berubah 5-2. untuk Barcelona. 

Granada sempat mendapat secercah harapan setelah Guillherme berhasil mencetak gol dari titik putih akibat Alves melakukan handsball di kotak terlarang, yang membuatnya harus dikeluarkan dari lapangan. Namun, keunggulan jumlah pemain yang mereka miliki tak bisa dimaksimalkan lantaran waktu yang tersisa tak banyak. Akhirnya skor 5-3 untuk keunggulan Barca bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Torehan tiga gol yang dibukukan Messi di pertandingan ini membawa penyerang asal Argentina itu menjadi top scorer Barca sepanjang masa dengan catatan 234 gol. Sedangkan bagi Azulgranas kemenangan atas Granada ini membuat mereka berhasil memangkas selisih poin mereka dengan Real Madrid di puncak klasemen, yang baru akan memainkan pertandingan mereka besok dini hari, menjadi lima poin.