Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yamaha Optimis Tatap Motogp Musim 2012
Oleh : Dodo
Kamis | 15-03-2012 | 14:44 WIB
lin_jarvis_001_preview_169.jpg Honda-Batam

Lin Jarvis, managing director Yamaha Motor Racing. (Foto: Motogp.com).

JEREZ, batamtoday - Tim Yamaha Motogp menatap musim 2012 dengan optimisme tinggi menyusul capaian positif dalam dua ujicoba di Sirkuit Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu. 

Lin Jarvis, managing director Yamaha Motor Racing mengungkapkan optimisme tersebut, seraya menyampaikan harapannya terhadap keempat rider Yamaha, dalam sebuah perbincangan seperti dikutip Motogp.com, Kamis (15/3/2012). 

Bagaimana perasaan Anda terhadap Yamaha setelah dua tes Sepang?

"Kami merasa cukup optimis meskipun kita tidak memimpin dalam ujicoba kemarin. Empat pembalap Yamaha telah melakukan dengan baik, meningkat secara konsisten dan cepat pada dua tes pertama. Jadi kami pikir Yamaha dalam kondisi cukup baik. Yang penting adalah bahwa kita kompetitif dengan Honda." 

Seberapa jauh yang Anda pikirkan jarak dari Honda saat ini?

"Dibandingkan dengan tahun lalu, kami sudah menutup kesenjangan. Tahun ini dimulai dengan mesin baru dan peraturan 1000cc baru dan semua orang sebenarnya telah harus mulai dari awal telah setelah sempat mengalami ketertinggalan dengan Honda. Kita hanya membutuhkan sekitar sepersepuluh detik di mana-mana, apakah itu pada pengereman, pada akselerasi atau pada pegangan. Kita hanya perlu untuk menyempurnakan seluruh paket. Kami tidak benar-benar keluar dari zona dalam daerah tertentu, kita hanya perlu untuk mendapatkan semua yang sempurna dan kemudian kita harus dengan mereka. Kami melakukan simulasi balapan di Sepang yang cukup bagus, kami salah satu yang hanya untuk berbuat lebih atau kurang simulasi balapan penuh dan memberi kita sedikit optimisme juga."

Menurut Anda Stoner dapat ditundukkan tahun ini? Dapatkah Jorge dan Ben memberikan tantangan yang layak?

"Ya tanpa keraguan. Saya pikir jelas Jorge dan Casey telah menjadi pembalap utama dua tahun terakhir dan saya berpikir bahwa akan persis sama di musim ini. Perbedaan antara mereka diabaikan, melainkan sepenuhnya tergantung pada trek dan situasi. Casey mengalami tahun yang bagus di musim lalu, ia tidak membuat kesalahan sama sekali, tapi Jorge melakukan hal yang sama tahun sebelumnya. Jadi menurut saya, kemungkinan besar akan menjadi head to head pertempuran antara Jorge dan Casey mulai dari awal musim. Ini akan menjadi tahun ketiga Ben di MotoGP bersama Yamaha. Tahun lalu ia terlambat 'panas' dan memulai beberapa hal yang tidak sempurna dalam persiapan dan kesehatan dan sebagainya, tapi dia menunjukkan apa yang bisa dilakukannya dengan memenangkan perlombaan tahun lalu." 

Anda menargetkan juara kepada Jorge tahun ini, apa yang Anda harapkan dari Ben?

"Yah harapannya pribadi juga bisa meraih gelar dan itu sama bagi kita. Kami memiliki dua pembalap yang pasti mampu meraih gelar. Perbedaan akan saya katakan adalah bahwa Jorge telah terbukti dalam tiga musim lalu bahwa ia sudah ada, karena dia menempati posisi kedua, pertama dan kedua dalam tiga tahun terakhir. Ben melangkah ke posisi lima tahun lalu sehingga ia memiliki potensi untuk menang. Apakah ia dapat menempatkan bahwa bersama dalam keseluruhan musim-tidak ada alasan mengapa tidak. Saya pasti mencari posisi tiga besar di akhir tahun untuk Ben, itulah yang saya pikir dia mampu."