Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
Oleh : Wandy
Jumat | 03-05-2019 | 14:28 WIB
pleno-kpu-lingga11.jpg Honda-Batam
Pleno terbuka penghitungan suara pemilu 2019 oleh KPU Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilpres dan Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Karimun di Aula Darun Nadwah Mesjid Agung Karimun, Jumat (3/5/2019).

Rapat pleno terbuka rekapitulasi tersebut digelar selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu (4/5/2019). Namun KPU Kabupaten Karimun menargetkan rekapitulasi dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Karimun dapat diselesaikan satu hari.

"Kalau tidak ada permasalahan lagi saya rasa dari setiap para saksi yang hadir, untuk rekapitulasi di Kabupaten hari ini sudah bisa selesai. Seban kita hanya membacakan hasil rekapan dari PPK Kecamatan," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko, saat diwawancarai.

Eko mengatakan, bahwa proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten akan berjalan lancar. Pasalnya setiap permasalahan pasti sudah diselesaikan pada saat surat suara sampai di PPK Kecamatan.

"Jadi saya rasa permasalahan itu tidak perlu lagi di bawa ke Kabupaten apabila masih adanya kejanggalan dari para saksi. Dan itu seharusnya dibahas pada saat rekapitulasi ditingkat PPK, namun insyaallah proses di tingkat Kabupaten dapat berjalan aman karena itu yang menjadi harapan kita bersama," kata Eko.

Sementara itu, pantauan BATAMTODAY.COM, dilokasi rekapitulasi tingkat Kabupaten pelaksanaan berjalan lancar, tampak hadir dari masing-masing saksi baik dari Parpol maupun saksi dari Capres 01 dan 02. Dimana pembacaan suara rekapitulasi batu dilakukan oleh dua Panitia Pemilih Kecamatan Kundur Barat dan Belat.

Editor: Yudha