Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kandaskan Vietnam 2-0

Indonesia Pastikan Lolos ke Final HBT 2012
Oleh : redaksi/Mg
Kamis | 08-03-2012 | 10:17 WIB
andik_timnas.jpg Honda-Batam

Kapten timnas U-21, Andik Vermansyah. Foto:AFC

BANDAR SERI BEGAWAN, batamtoday - Timnas Indonesia U-21 memastikan diri lolos ke final Hassanal Bolkiah Tournament (HBT) 2012 setalah berhasil menundukan perlawanan kandidat juara, Vietnam, dengan skor telah 2-0.

Gol pertama Indonesia tercipta di babak pertama lewat kaki Miko Ardiyanto pada menit ke-36 setalah memanfaatkan bola rebound dari sepakan Andik Vermansyah yang gagal diamankan kiper Vietnam.

Sepanjang pertandingan, kedua tim seringkali beradu fisik. Sejumlah pemain terlibat insiden beberapa kali. Namun beruntung wasit yang memimpin pertandingan dapat berlaku tegas dan meredam insiden tersebut. Hasilnya, sepanjang babak pertama kubu Vietnam dihadiahi banyak kartu kuning.

Memasuki babak kedua, Vietnam tampil lebih bringas. Sejumlah skema penyerangan yang diterapkan terlihat beberapa kali mengancam pertahanan Indonesia. Namun beruntung, tim besutan Widodo C Putro itu tetap disiplin menjaga lini belakang.

Menjelang babak kedua berakhir, giliran Andik Vermansyah yang menggandakan keunggulan Indonesia. Strker mungil asal Persebaya itu berhasil melesakan bola untuk mengunci kemenangan Indonesia 2-0.

Hingga peluit akhir ditiup, kedudukan 2-0 untuk kemenangan Garuda Muda mash bertahan. Sehingga degan hasil demikian, Timnas berhasil melaju ke babak final dan berhadapan dengan pemenang laga antara Brunei dan Myanmar.

Sang pelatih, Widodo C. Putro mengaku puas degan hasil yang ditorehkan skuadnya. Pascapertandingan, Widodo pun mengungkapkan kunci kemenangan yang diraih timnya.

"Kuncinya, anak-anak melakukan segala instruksi. Sebelum pertandingan, saya meminta mereka untuk menguasai lini tengah. Saya menekankan agar tim tak membuat Vietnam leluasa di tengah. Selain itu, saya juga menekankan agar tim memperkuat lini belakang, saya puas dengan permainan mereka," terang Widodo pascapertandingan.