Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Megaproyek Marina Bay Mulai Berjalan Tanpa Restu DPRD Batam
Oleh : Putra Gema
Selasa | 19-03-2019 | 10:52 WIB
marina-bay-reklamasi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Aktivitas reklamasi megaproyek Marina Bay di pesisir Pantai Ocarina, Batam Center saat di malam hari. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengerjaan megaproyek Marina Bay di Teluk Tering mulai berjalan tanpa persetujuan pihak DPRD Kota Batam.

Pengerjaan megaproyek Marina Bay itu tengah memasuki tahap reklamasi mulai dari pesisir Pantai Ocarina, Batam Center.

Pantauan pewarta di lokasi, terlihat beberapa pagar pembatas sudah mulai terpasang di pesisir Pantai Ocarina. Truk pengangkut tanah timbunan dan beberapa alat berat yang akan digunakan untuk reklamasi pun terlihat beroprasi selama 24 jam di lokasi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, DPRD Kota Batam yang telah batal menyelenggarakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) selama dua kali dengan Pemko Batam, perusahaan pemegang tender dan beberapa instansi terkait, menyatakan akan melakukan sidak ke lokasi dalam waktu dekat.

"Saya sudah diberitahu oleh beberapa pihak terkait reklamasi tersebut, namun karena saya masih sibuk jadi belum bisa sidak ke sana. Tetapi, dalam waktu dekat saya pasti akan melakukan sidak ke lokasi," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Budi Mardiyanto, Jumat (15/3/2019).

Budi mengaku menyesalkan beberapa pihak seperti Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang tidak pernah hadir dalam RDP yang pihaknya selenggarakan. Dalam minggu ini, pihaknya berencana akan kembali melaksanakan RDP ketiga kalinya terkait megaproyek Marina Bay tersebut dengan surat rekomendasi dari Ketua DPRD Kota Batam.

"Tetapi, apabila beberapa pihak tersebut masih bersikukuh untuk tidak menghadiri RDP yang kami selenggarakan, tidak menutup kemungkinan Komisi I DPRD Kota Batam akan meminta bantuan dari instansi Kepolisian apabila dalam undangan ketiga kalinya ini, masih belum adanya respon dari masing - masing instansi," tegasnya.

Sampai dengan berita ini diturunkan, BATAMTODAY.COM masih berupaya melakukan konfirmasi kepada Wali Kota Batam maupun PT Kencana Investindo Nugraha, pengembang mengaproyek Marina Bay.

Editor: Gokli