Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kehadiran Smartfren Diharapkan Mampu Dukung Percepatan Pembangunan Bidang Komunikasi di Natuna
Oleh : Kalit
Rabu | 06-03-2019 | 12:04 WIB
smartfren-natuna1.jpg Honda-Batam
Pemukulan gong tanda launching Smartfren di Natuna. (Foto: Kalit).

BATAMTODAY.COM, Natuna - Operator Telekomunikasi Nasional Smartfren telah menyatakan tekat untuk mengambil bagian dalam pelayanan sarana telekomunikasi di salah satu pulau terluar Indonesia, tepatnya di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Open seremoni launching Smartfren di Natuna berlangsung di Gedung Sri Srindit Ranai, Rabu pagi 6 Maret 2019 dibuka oleh Bupati Natuna Hamid Rizal. Smartfren hadir di Natuna dengan layanan jaringan 4G LTE. Ini merupakan bentuk dukungna penuh dari Smartfen kepada masyarakat Natuna untuk mendapatkan layanan telekomunikasi lebih baik.

Bupati Natuna, Drs H Hamid Rizal, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Smartfent atas kehadirannya di Natuna dengan layana 4G LTE. Dengan hadirnya jaringan 4G LTE Smartfren, mudah-mudahan dapat mempercepat kesetaraan Kabupaten Natuna dengan Kabupaten dan kota-kota lain di Indonesia.

Serta, dapat mengatasi permasalahan ketersediaan sarana komunikasi dan akses informasi yang ada. “Kami berharap hadirnya Smartfren salah satu faktor penting dalam mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys dalam sambutanya menyampaikan, Natuna memiliki bonus demografi sangat baik karena letaknya sangat strategis, berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Vetnam.

Namun disisi lain terang Merza, Natuna memiliki tantangan seperti kontur wilayahnya cukup menantang dan berbentuk kepulauan. "Untuk itu, hadirnya layanan Smartfren di Natuna dapat memberikan kemudahan akses komunikasi dan telekomunikasi bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Kepada pemerintah Daerah, Merza berharap hadirnya Smartfren dapat mempermudah komunikasi dan juga koordinasi antar para pemangku kepentingan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat atas dukunganya selama ini. Sejak kami memulai membangun Tower pemancar dukungan itu selalu nyata dan ada untuk kami. Karena itu, kami telah bertekat untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi ini untuk mendukung pengembangan potensi sosial serta ekonomi masyarakat dan percepatan pembangunan di Natuna,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya potensi yang sangat tinggi untuk menerapkan dan mencanangkan kota Ranai di Natuna sebagai Smart City. “Kami berharap dapat menjadi patner dalam bidang infrastruktur telekomunikasi, sehingga Ranai dapat menjadi Smart City seutuhnya,” harapnya.

Mulai Februari 2019, 15 pernancar sinyal (Base Transceiver Station) Smartfren sudah beroperasi di wilayah Natuna. Hadirnya layanan ini menjadikan masyarakat Natuna dapat merasakan kenyamanan dalam melakukan streaming video dan musik, bersosial media, hingga browsing melalui jaringan Smartfr n 4G LTE.

Adapun secara detail wilayah yang sudah tercakup layanan Smartfren adalah Kecamatan Bunguran Timur, sebagian Bunguran Tengah dan Selatan. Smartfren memiliki keunggulan tersendiri sebagai operator telekomunikasi karena merupakan satu-satunya operator yang hanya menyediakan jaringan full 4G di Indonesia.

Selain unggul dalam layanan data, Smartfren menyediakan layanan Selular (Voice, SMS Et Internet) yang dapat digunkan di semua jenis HP Smartphone 4GLTE. Saat ini cakupan jaringan Smartfren 4G LTE telah hadir di Iebih dari 200 kota di seluruh Indonesia.

Editor: Chandra