Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pekerja PT Drydock Tanjunguncang Tewas Tertimpa Pompa Minyak
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 05-03-2019 | 15:40 WIB
lokasi-laka-kerja1.jpg Honda-Batam
Polisi saat melakukan olah TKP kecelakaan kerja di PT Drydock Tanjunguncang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pekerja subkon di galangan kapal PT Drydock Word Pratama Tanjunguncang, Sawal Pulungan (29), tewas usai tertimpa pompa minyak, Senin (4/3/2019) sore.

Informasi yang dihimpun, laka kerja tersebut berawal saat korban bersama 3 orang rekannya sedang ditugaskan untuk melakukan pengerjaan perbaikan L-OPUMP (pompa minyak) di bagian Engine Room. Pompa itu hendak diangkat dan repair.

Setelah selesai melakukan perbaikan, pompa tersebut akan dipasang kembali. Namun untuk pemasangannya, pompa yang sebelumnya berada di atas saringan oli yang cukup besar itu harus diturunkan dulu untuk didudukkan (dipasangkan) ke pondasi L-OPUMP.

Saat menurunkan pompa minyak tersebut, korban menggunakan chain block (crane) berkekuatan 3 ton. Kemudian saat pompa digeser dengan crane, tali atau beltingnya belum terpasang sempurna, dan seketika itu terjatuh terhempas menimpa korban.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe, saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, kejadian itu berawal saat mesin pompa itu menghantam wajah korban. Selain itu korban juga terkena hantaman di bagian dada.

Sejauh ini diketahui korban merupakan karyawan subcon di perusahaan PT TUB yang sedang memperbaiki mesin pompa minyak di kapal IBN AL ABBAR di lokasi PT Drydock Word Pratama.

"Kita sudah lakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) dan korban sudha kita serahkan kepada keluarga, karena keluarga menolak untuk dilakukan autopsi," ujarnya, Selasa (5/3/2019).

Untuk penyidikan, pihaknya telah memintai keterangan saksi-saksi yang berada di lokasi.

"Kita masih akan kembangkan kasusnya, apakah ada murni unsur kelalaian dalam kejadian tersebut," pungkasnya.

Editor: Yudha