Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahatir Sarankan MAS Belajar Pada AirAsia
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 03-03-2012 | 13:25 WIB
Mahatir_Muhammad.jpg Honda-Batam

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohammad. Foto:Bernama

KUALA LUMPUR, batamtoday - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohammad mendesak Malaysia Airlines (MAS) untuk dapat mencontoh upaya yang dilakukan AirAsia dalam mengelola maskapai. 

Kerjasama dengan AirAsia yang sudah terjalin sebelumnya diharapkan dapat mempengaruhi managemen MAS kedepan dan membawa maskapai nasional Malaysia itu keluar dari ancaman bangkrut.

"Mengamati kedua perusahaan penerbangan ini beroperasi di negara yang sama, tidak ada alasan bagi MAS gagal, mereka perlu bekerjasama dengan AirAsia dan belajar bagaimana strategi maskapai itu," kata Mahatir seperti dikutip dari Bernama, Sabtu(3/3/2012).

Dalam catatan, MAS mengalami kerugian sebanyak RM2,52 miliar sekaligus menjadi yang terbesar dalam sejarah pada 2011 lalu. Sementara itu, pada saat yang sama, AirAsia mencatat keuntungan sebesar RM4,47 miliar. 

"AirAsia berhasil meraih keuntungan yang banyak, meski rute penerbangan yang mereka layani tergolong pendek, jadi ada sesuatu yang seharusnya dipelajari MAS pada maskapai AirAsia," ujar Mahatir.