Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Lewat UMKM, Pemerintah Siapkan Dana KUR Rp140 T
Oleh : Redaksi
Senin | 25-02-2019 | 11:29 WIB
a-husein-kemenkop.jpg Honda-Batam
Asisten Deputi Urusan Simpan Pinjam Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Husein saat melakukan sosialisasi di Tanjungpinang, Jumat (22/2/2019). (Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kementrian Koperasi (Kemenkop) Republik Indonesia menyampaikan akan menyalurkan sebanyak Rp140 triliun dana di tahun 2019 untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) seluruh Indonesia.

Anggaran KUR yang disiapkan Kemenkop ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM). Ha ini disampaikan Asisten Deputi Urusan Simpan Pinjam Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Husein di Tanjungpinang, Jumat (22/2/2019).

"Untuk tahun 2019, kita alokasikan Rp140 triliun untuk KUR-UMKM, dan sebanyak Rp78 triliun berada di BRI sebagai penyalur," ungkap Ahmad, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Dikatakan Ahmad Husein, penyaluran dana KUR-UMKM ini diberikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia di berbagai sektor. "Dengan bunga yang terjangkau dan pastinya melalui bank-bank penyalur yang terpercaya dan ada di setiap daerah se-Indonesia," ungkap Ahmad.

Termasuk di Provinsi Kepri, menurut Ahmad, hingga saat ini pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan debitur yang notabene pelaku usaha untuk dapat mendapatkan permodalan melalui KUR yang disediakan ini.

"Semakin banyak debitur maka semakin banyak pelaku usaha yang dapat bantuan pembiayaan melalui lembaga penjamin yang terpercaya," tegas Ahmad.

Khususnya pada bank-bank yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai penyalur KUR ini. Namun begitu, lanjut Ahmad pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait tata cara dan aturan mendapatkan KUR tersebut harus dipahami.

"Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Pusat di daerah-daerah ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM," ujar Ahmad Husein.

Agar ke depannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia melalui peningkatan UMKM yang ada di setiap daerah.

Editor: Gokli