Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Sejumlah Pasar Rakayat di Karimun Direvitalisasi
Oleh : Wandy
Senin | 25-02-2019 | 11:17 WIB
teluk-uma-pasar.jpg Honda-Batam
Pasar Teluk Uma di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Revitalisasi Pasar Rakayat di Kabupaten Karimun tahun 2019 ini sudah mulai berjalan. Salah satu pasar yakni Pasar Teluk Uma di Kecamatan Tebing sudah rampung dan sudah mulai dioperasikan, meski belum diresmikan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli menyampaikan, selain Pasar Teluk Uma, revitalisasi yang akan dilakukan masih dalam tahun ini yakni Pasar Sri Karimun di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Kota dan Pasar Sawang di Kecamatan Kundur Barat.

"Untuk Sri Karimun revitalisasinya terutama pondasi karena berada di laut. Untuk pasar yang besar kita harapkan DAK dari pusat," katanya, belum lama ini.

Mengenai Pasar Teluk Uma, sambung Yosli, beberapa pedagang yang sudah masuk dan berjualan meski belum diresmikan. Namun untuk keseluruhan bangun sudah selesai.

Uuntuk di lantai dasar bangunan pasar baru tersebut akan diisi oleh pedagang lama, sementara kios di lantai atas diisi untuk para pedagang baru. "Bangunan baru ini buat pedagang kering saja. Kita bagi di lantai bawah untuk pedagang lama dan atas untuk yang baru. Sementara pedagang basah atau komodir dapur tetap di pasar belakang," jelasnya.

Mantan Kabag Humas Setdakab Karimun itu, berharap dengan dibangunnya pasar yang representatif di Karimun dapat membantu meningkatkan perekonomian kerakyatan. "Kita harapkan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan masyarakat. Di mana pasar itu dapat dijadikan tempat perputaran perekonomian. Untuk pengelolanya nanti dari Perusda Karimun," ucap dia.

Diketahui revitalisasi Pasar Teluk Uma berasal dari APBD Provinsi Kepri dengan anggaran sekitar Rp3,1 miliar. Sebelumnya Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat melakukan peninjauan menyebutkan sebanyak 26 kios baru dibangun di dua lantai.

Editor: Gokli