Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemuda Singapura Diperas Pacar Chatingnya
Oleh : Redaksi/Mg
Kamis | 01-03-2012 | 11:52 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Dua pasangan muda berkewarganegaraan Singapura didakwa memeras seorang laki-laki 22 tahun sebesar Sing$6000 atau sekitar Rp42 juta. Modus pasangan ini adalah dengan menjalin hubungan percintaan dengan korban melalui chating di internet.

Yap Ting Siew(17) dan Soh Zhi Ren Alexander(21), diduga mencoba memeras uang dari Ng Yong Cheng pada 8 Januari 2012 lalu sekitar pukul 05.00 Waktu Singapura.

Kasus bermula ketika korban terjerat percintaan palsu dengan para pelaku. Antara korban Ng Yong Cheng dan kedua pelaku sering melakukan tatap muka melalui fasilitas webcam di salah satu situs chatting. Dari tatap muka yang pada akhirnya menjurus ke aktitas sex.

Kemudian saat korbanya dianggap sudah sangat dekat dan percaya, pelaku pun melancarkan aksinya dengan membujuk Ng Yong Cheng untuk membuka baju di depan kamera. Dengan segala tipu daya, pelaku akhirnya berhasil membujuk korbanya, dan aksi bugil di depan kamera itu lansung direkam.

"Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 8 januari 2012, para pelaku menghubungi Ng Yong Cheng dan meminta uang sebesar Sing$6000. Jika tidak dipenuhi, mereka mengancam akan menyebarkan video tak senonoh itu di internet," ulas Todayonline menjelaskan kejadian, Kamis(1/3/2012).

Merasa diperas, Ng Yong Cheng menghubungi pihak Kepolisian Singapura. Pelaku yang diduga sudah sering melakukan pemerasan dengan modus yang sama itu lansung dapat diamankan.

Dari penyelidikan Kepolisian Singapura, sejauh ini dengan menggunakan modus berpura-pura menjalin hubungan, pelaku sudah berhasil menjerat 5 korban dan meraup uang kurang lebih Sing$100 ribu atau sekitar Rp700 juta. 

"Atas dasar tersebut, jika terbukti bersalah melakukan pemerasan, mereka terancam dihukum penjara dua hingga tujuh tahun serta hukuman cambuk,"kata otoritas berwenang di Singapura.