Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Macan Barelang Bekuk Dua Pembobol Brankas PT Berlian Inti Sukses Berisi Rp 601 Juta
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 24-01-2019 | 16:29 WIB
pembobol-brangkas1.jpg Honda-Batam
Salah satu pelaku pembobolan yang berhasil dibekuk Macan Barelang bersama tim. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah puas merayakan pergantian tahun sambil menikmati uang hasil curian, dua pelaku pembobolan brankas akhirnya dibekuk Tim Macan Satreskrim Polresta Barelang bersama Opsnal Polsek Batam Kota dan Jatanras Polda Kepri.

Tidak tanggung-tanggung, kedua pelaku yang bernama Jaga Sembiring (58) dan Harles Hutajulu (58), berhasil menggasak sebuah brangkas yang berisikan uang Rp 601.479.000. Bahkan, empat dus besar rokok juga dicuri serta dijual senilai Rp 10 juta.

Dari data yang diperoleh, para pelaku tersebut beraksi membobol PT Berlian Inti Sukses di Sungai Panas pada Senin (29/12/2018) lalu, tepat beberapa hari menjelang perayaan Tahun Baru 2019.

Selain dua pelaku, tim juga berhasil membekuk dua orang penadah barang hasil curian, yakni Martahan Simanjuntak (34) dan Salim Rambe (46).

Sisa hasil curian yang ditemukan ikut disita, seperti uang tunai Rp 150 juta, rokok puluhan bungkus dan barang bukti lainnya.

Beruntung, dua pelaku utama tersebut tidak melakukan perlawanan. Sehingga tim yang dipimpin Kanit Buser Satreskrim Polresta Barelang, Ipda Haris Baltasar Nasution, berbaik hati tidak memberikan hadiah timah panas pada tubuhnya.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan pengembangan serta mencari alat bukti lainnya.

"Empat orang sudah diamankan. Mereka terdiri dari dua pelaku utama, dan dua penadah barang hasil curian. Sekarang masih dalam proses pemeriksaan," ujarnya, Kamis (24/1/2019).

Penangkapan para pelaku, dilakukan selama dua hari, yakni Selasa (22/1/2019) dan Rabu (23/1/2019).

"Mereka ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Kami masih kembangkan. Nanti akan diinformasikan lebih lanjut," pungkasnya.

Editor: Yudha