Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beginilah Cara Mengontrol Gula Darah Anda agar Tak Kena Diabetes
Oleh : Redaksi
Minggu | 30-12-2018 | 16:32 WIB
diabetes2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM - Kadar gula darah yang tinggi biasanya merupakan pertanda adanya penyakit diabetes. Kadar gula darah normal pada tubuh yaitu antara 70-130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dL setelah makan.

Setelah tidak makan atau berpuasa selama setidaknya 8 jam, kadar normal gula darah adalah kurang dari 100 mg/dL. Tapi dengan gaya hidup sehat, diet serta olahraga teratur, seseorang bisa mengontrol kadar gula darah dan bisa mencegah munculnya penyakit diabetes.

Untuk lebih jelasnya, simak 8 langkah mengontrol gula darah yang bisa Anda coba terapkan agar bisa terhindar dari kadar gula darah yang berlebih.

1. Cek Sejarah Diabetes Keluarga
Diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya dengan sejarah penyakit keluarga jika dibandingkan diabetes tipe 1. Karena itulah, dengan diagnosis yang tepat dan dilakukan sejak awal bisa membuat tubuh lebih terjaga.

2. Ubahlah Kebiasaan Buruk
Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tak sehat lainnya sebaiknya hentikan. Karena hal tersebut sangat beresiko terkena diabetes. Begitu pula kebiasaan duduk terlalu lama, rupanya kebiasaan tersebut juga turut menjadi penyebab diabetes. Dengan mengubah gaya hidup tak sehat dan aktifg bergerak bisa mencegah Anda dari penyakit diabetes.

3. Obesitas
Berat badan yang berlebihan cenderung memiliki resiko yang lebih besar terkena diabetes. Seperti anjuran dari dokter, cobalah mempunyai berat badan ideal dengan BMI kurang dari 22,9 kg/meter (untuk tinggi 175 cm, berat 70 kg). Lingkar pinggang kurang dari 90cm bagi pria dan 80cm bagi wanita.

4. Kebiasaan Makan dan Diet Seimbang
Agar lemak, karbohidrat dan protein seimbang, Anda harus makan di waktu yang tepat. Jangan sampai perut kosong terlalu lama tanpa asupan makanan. Sebuah studi kesehatan mengungkap bahwa orang yang sering melewatkan sarapan sangat beresiko terserang diabetes.

5. Olahraga Teratur
Lakukan olahraga setidaknya 30-45 menit setiap hari. Anda bisa memilih yoga atau jalan santai untuk berolahraga. Kebiasaan yang baik ini akan memberikan konstribusi positif dalam mencegah munculnya diabetes.

6. Tidur Cukup
Bukan hanya makanan dan olahraga, istirahat yang cukup juga sangat penting. Tidur selama 7-8 jam per hari merupakan hal yang sangat harus Anda penuhi. Tidur yang cukup dapat membuat kesehatan tubuh tetap terjaga. Tahukah Anda, tidur larut malam dan atau menjelang pagi sangat beresiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi.

7. Kelola Stres
Beban pikiran yang berlebihan atay stres dapat menjadi pemicu berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Ya, stres bisa membuat tubuh beresiko terkena diabetes.

8. Rutin Cek Kesehatan
Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Karena itu, disarankan untuk mongontrol kadar gula darah secara rutin. Cek kesehatan Anda secara rutin ke dokter adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Itulah 8 Langkah Mengontrol Gula Darah yang bisa Anda terapkan. Semoga info tersebut bermanfaat. Salam sehat keluarga Indonesia!.

Editor: Surya